Gaya Hidup

‘Tarik Sis, Semongko’ Dijadikan Kalimat Menggoda Teman

Sampang (beritajatim.com) – Meskipun warga Madura khususnya yang ada di Kabupaten Sampang, mempunyai bahasa sendiri alias berberbeda dengan logat Jawa, kalimat ‘Tarik Sis, Semongko’ juga kerap dilontarkan oleh warga yang tinggal di pulau garam.

Bahkan, anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar ramai mengatakan jargon tersebut. “Kita ikut-ikutan saja, karena kalimat itu enak diucapkan,” kata Tia, gadis belia asal Kelurahan Rongtengah, Sampang, Minggu (18/10/2020).

Tak hanya Tia, emak-emak di kampung Pababaran, juga mengucapkan kalimat serupa. Hal itu karena Tarik Sis, Semongko lagi trand di kalangan masyarakat, media sosial bahkan pada aplikasi Tik Tok. “Ya begitulah ibu-ibu mas, kadang kalimat Tarik Sis, semongko ini dijadikan kalimat sapaan ketika ada teman lewat,” ujarnya.

Sekedar diketahui, kalimat atau ucapan Tarik Sis Semongko konon berawal dari ketidaksengajaan. Hal itu sebatas dilontarkan untuk menggoda penyanyi. Sis rupanya nama bapak dari teman dekat Anggun Pramudita. Sedangkan ‘tarik’ biasanya merupakan aba-aba untuk dimulainya musik dengan irama gendang. [sar/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar