Gaya Hidup

Tanaman yang Mudah untuk Di Bonsai, Cocok Bagi Pemula

Mushtaq, pexels

Surabaya (beritajatim.com ) – Belakangan ini, jumlah orang yang hobi memelihara tanaman hias semakin meningkat. Salah satu yang paling populer adalah bonsai, yaitu seni menanam tanaman mini dalam pot dan wadah.

Bonsai terkenal sulit dirawat. Namun, beberapa tanaman sangat mudah dirawat. Apalagi jika Anda masih pemula dan hanya ingin memulai menanamnya.

Berikut 5 rekomendasi tanaman bonsai yang cocok untuk pemula, simak selengkapnya!

 

Five Leaf Pine Bonsai Tree

Ada banyak jenis bonsai pinus, tetapi Five Leaf Pine Bonsai Tree  adalah salah satu bonsai yang paling populer. Tanaman ini memiliki daun tipis seperti jarum yang berwarna hijau cerah. Selain itu, batangnya yang tebal dan bagus juga memiliki nilai dekoratif.

Tanaman hias ini tahan dingin dan kering. Dapat ditempatkan di balkon atau taman yang berventilasi baik dengan banyak sinar matahari. Jauhkan five leaf pine bonsai tree dari sinar terik musim panas!

 

Baby Jade Bonsai Tree

Baby Jade adalah tanaman sukulen. Di habitat aslinya, tanaman ini bisa mencapai ketinggian 3 meter. Baby Jade berbentuk lonjong tebal dengan daun berwarna hijau cerah dan batang yang kuat.

Sukulen sering tumbuh di daerah kering seperti gurun, sehingga daunnya yang tebal dapat menahan air untuk waktu yang lama. Tanaman hias ini mudah tumbuh, tetapi lebih menyukai tanah berpasir kasar dari habitat aslinya sebagai substrat.

 

Ficus Bonsai Tree

Tanaman hias lain yang populer di kalangan pemula adalah Ficus Bonsai Tree. Tanaman ini memiliki vitalitas yang sangat tahan lama dengan akar yang kuat dan subur. Karena buah ara tahan kekeringan dan kelembaban, Ficus Bonsai Tree tergolong tanaman hias yang mudah ditanam di mana saja meskipun bentuknya unik,

Ficus Bonsai Tree tidak membutuhkan banyak keterampilan dalam penataanya. Biasanya, bonsai ini membutuhkan perawatan yang sederhana.

 

Juniper Bonsai Tree

Juniper Bonsai Tree Ini adalah spesies yang disesuaikan dengan lokasi luar ruangan. Bentuk daunnya yang kecil seperti jarum pinus sangat estetis. Anda tidak perlu khawatir dengan pertumbuhan daun dan berkurangnya estetika tanaman.

Untuk merawat juniper, Anda perlu menyiraminya secara teratur untuk memastikannya mendapat cukup sinar matahari dan aliran udara untuk berkembang. Akar tanaman ini juga tidak menyukai tanah yang terlalu basah. Jadi tidak perlu banyak air.

 

Chinese Elm Bonsai Tree

Chinese Elm adalah salah satu bonsai yang paling indah. Kulit batangnya kasar, hitam keabu-abuan, daunnya lonjong dan ujungnya bergerigi.  Tanaman ini beradaptasi dengan baik dengan lingkungannya dan tahan terhadap iklim kering dan dingin. Chinese Elm juga memiliki kemampuan tumbuh yang tinggi, sehingga sangat ideal untuk pemula yang tidak terbiasa dengan teknik pemangkasan.

Kelima tanaman ini, yang relatif mudah beradaptasi dan dipelihara dibandingkan dengan bonsai lainnya, sangat ideal bagi mereka yang baru dalam perawatan bonsai.[ptr/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar