Gaya Hidup

Tanaman Porang Jadi Komoditas Baru di Bojonegoro

Tanaman Porang di Kabupaten Bojonegoro

Bojonegoro (beritajatim.com) – Tanaman Porang menjadi primadona baru bagi kalangan petani, khususnya di wilayah sekitar hutan. Beberapa kawasan hutan kini dikelola oleh masyarakat untuk menanam tanaman jenis Iles-iles ini.

Dari data yang ada di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro jumlah petani wilayah sekitar hutan saat ini banyak yang memanfaatkan lahan perhutani untuk digunakan menanam tanaman Porang.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro Imam Nurhamid mengatakan, budidaya tanaman porang ini merupakan fenomena baru di Bojonegoro. Sebab, sebelumnya tanaman tersebut banyak tumbuh liar di sekitar hutan.

Baca Juga:

    Pihaknya mengaku belum mengetahui secara pasti, mulai banyaknya petani yang bertanam Porang. “Kalau kerjasama sekarang belum ada, tapi untuk hasil porang sudah banyak yang siap nampung, laporan dari petani,” ujarnya, Senin (13/4/2021).

    Data dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro menyebutkan, beberapa kawasan hutan di Bojonegoro yang sudah banyak dimanfaatkan untuk menanam Porang, diantaranya di KPH Padangan dan KPH Bojonegoro.

    Di KPH Padangan, jumlah lahan hutan yang digunakan untuk membudidayakan tanaman Porang ada seluas 382,65 hektare dan di KPH Bojonegoro seluas 363,90 hektare. [lus/ted]


    Apa Reaksi Anda?

    Komentar