Gaya Hidup

Tanam 11 Ribu Pohon Pule, ‘Gerakan Sedekah Oksigen’ Ala Wawali Kota Malang

Wawali Sofyan Edi melakukan penanaman pohon pule.

Malang (beritajatim.com) – Gerakan peduli lingkungan terus dilakukan oleh Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko. Dia membuat gerakan sedekah oksigen. Sebanyak 11 ribu bibit pohon pule dia siapkan, bibit itu ditanam di perkampungan dan sekolah-sekolah.

Sofyan Edi mengatakan, penghijauan dengan penanaman pohon pule untuk memberikan contoh pendidikan karakter kepada masyarakat agar mencintai lingkungan. Di sekolah, diharapkan siswa memiliki kesadaran sejak dini tentang pentingnya peduli dengan lingkungan.

“Saya namakan gerakan Sodakoh Oksigen. Pohon pule banyak manfaatnya untuk kesehatan, bisa digunakan sebagai obat herbal berkhasiat menyembuhkan segala penyakit. Di sekolah cocok untuk pendidikan karakter. Karena menanam itu ada mimpi dan harapan karena ada doa saat menanam,” ujar Sofyan Edi, Rabu, (7/4/2021).

Hampir setiap hari, Sofyan Edi berkeliling ke sejumlah tempat untuk gerakan sodakoh oksigen ini. Total sudah sebanyak 4 ribu lebih bibit pohon pule yang ditanam. Menurutnya, pohon pule bermanfaat untuk mengurangi polusi, dan menjaga konservasi air.

“Kita siapkan 11 ribu baru tertanam 4 ribu. Menanam pohon pule sesuatu yang bagus mengahsilkan oksigen. Juga berfungsi untuk mengurangi polusi, menjaga konservasi air dan membuat lingkungan semakin indah dan asri,” kata Sofyan Edi.

Sofyan Edi mengungkapkan, awalnya gerakan ini digagas dan ditanam pertama kali di sebuah pondok pesantren di Kota Malang. Saat ini gerakan sodakoh oksigen dilakukan di sekolahan dan perkampungan. Terutama wilayah yang menjadi destinasi wisata terutama kampung tematik.

Kegemarannya menanam pohon pule ternyata terdengar hingga luar daerah. Mereka cukup berkirim surat dan mengirimkan alamat untuk penanam pohon pule. Dia akan mengirim secara gratis bibit pohon pule. Daerah lain yang sudah menanam pohon pule seperti Kota Malang adalah Jakarta, Banten, Semarang, Bandung, Surabaya dan Bojonegoro dan Pasuruan.

Sofyan Edi mengatakan pohon pule juga dikenal sebagai pohon pembawa hoki, bernilai ekonomis dengan harga fantastis, serta bisa digunakan untuk investasi masa depan. Manfaat untuk kesehatan cukup banyak diantaranya untuk penyakit ambeien dan asam urat.

“Jika ditanam di sekitar rumah bagi sebagian orang yang percaya feng shui, akan membawa hoki banyak rejeki. Kalau pohonnya sudah besar harganya sangat mahal. Bisa buat obat ambeien dan asam urat,” tandas Sofyan Edi. [luc/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk