Gaya Hidup

Taman Nasional Baluran Dibuka, Ini Syarat Bagi Pengunjung

Situbondo (beritajatim.com) – Taman Nasional Baluran,  Situbondo resmi dibuka hari ini 18 Agustus 2020 setelah ditutup untuk umum kurang lebih empat bulan lalu, akibat pandemi Covid 19. Meski dibuka, TN Baluran menerapkan beberapa syarat bagi pengunjung.

Pertama, saat hendak berkunjung calon wisatawan harus memesan tiket masuk terlebih dahulu melalui pesan WhatsApp yang telah tersedia. Selanjutnya, pengunjung juga wajib menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker.

“Setibanya di pintu masuk, pengunjung wajib diperiksa suhu tubuh dan menunjukkan bukti booking tiket. Kemudian, mencuci tangan dan menjaga jarak,” kata Kepala Balai Taman Nasional Baluran Situbondo Pudjiadi, Selasa (18/8/2020).

Wisatawan juga diminta tidak membawa makanan saat masuk kawasan. Selain akan memproduksi sampah, hal ini juga akan mengganggu perilaku satwa.

Taman Nasional Baluran

“Sementara pengunjung kita batasi setiap harinya. Secara bertahap kita batasi sekitar 50 persen. Hari pertama tanggal 18-20 Agustus 2020 untuk 500 orang, tanggal 21-23 Agustus 2020 berjumlah 750 wisatawan dan 24 Agustus 2020 kuota hingga 950 orang perhari,” ujarnya.

Biasanya, kata Pudjiadi, tingkat kunjungan wisatawan yang datang bisa mencapai 2000 orang.

“Sementara kami batasi untuk 950 orang,” terangnya.

Kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo mulai ditutup sejak Maret 2020. Penutupan ini karena untuk mencegah penyebaran Covid 19.

Sebelumnya, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto bersama jajaran Balai Taman Nasional Baluran telah meninjau persiapan new normal kawasan konservasi ini pada 23 Juli 2020. Saat itu, Bupati Dadang juga telah memberikan restu untuk pembukaan kawasan dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan. (rin/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar