Gaya Hidup

Tak Perlu Ribet, Ini Cara Sederhana Bebas dari Ketombe Membandel

Ron Lach, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Ketombe merupakan masalah rambut yang sering dialami banyak orang. Berbagai produk anti ketombe sudah dicoba namun belum membuahkan hasil, padahal ada cara sederhana yang membuat rambut Anda terbebas dari ketombe lho.

Melansir dari Wellnest, Selasa (14/9/2021) setidaknya ada 50 juta orang Amerika Serikat mengalmai masalah rambut ini. Ketombe terjadi karena sel-sel kulit tumbuh dan mati terlalu cepat. Gejalanya bisa gatal, hingga membuat rambut cepat bau. Jika Anda merupakan pejuang melawan ketombe juga, berikut ini cara sederhana yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari ketombe seperti dilansir dari berbagai sumber:

Rajin berjemur

Paparan sinar matahari terbukti mampu membunuh malassezia, jamur dan penyebab utama di balik terjadinya ketombe. Melansir dari salah satu sumber, kelembapan dan minyak berlebihan bisa sedikit berkurang jika rutin berjemur di bawah matahari. Lakukan kegiatan ini saat pagi hari, hindari melakukan pada siang hari karena panas terik justru menyebabkan kulit kepala berkeringat dan merusak warna rambut. Tidak usah berjemur terlalu lama mungkin sekitar 3-5 menit setiap hari, agar tidak berdampak pada kesehatan kulit.

Mengonsumsi suplemen omega-3S

Omega-3 memiliki banyak manfaat seperti menyehatkan kulit, menguatkan memori, serta menaikkan mood Anda. Namun tahukah Anda ternyata omega-3 juga secara signifikan dapat membantu melawan ketombe secara alami. Melansir dari Wellnest, menambahkan lebih banyak asam lemak omega-3 ke dalam makanan Anda tidak hanya mengatur produksi minyak kulit Anda, tetapi juga mengurangi peradangan, sehingga mengurangi gejala ketombe dan iritasi.

Menggunakan cuka apel

Selain baik untuk kesehatan kulit wajah, cuka apel juga dapat menuntaskan ketombe membandel. Cuka apel mengandung ACV yang dapat menyeimbangkan pH kulit Anda dan dapat mengurangi pertumbuhan jamur yang menyebabkan ketombe. Gunakan cuka apel untuk keramas setidaknya dua kali dalam seminggu untuk membunuh jamur malassezia. [rsf/esd]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar