Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Tak Perlu Repot, Ini Resep Memasak Seblak Ala Rumahan

Youtube/Jessica Jane

Surabaya (beritajatim.com) – Seblak telah menjadi makanan khas yang populer di kalangan masyarakat. Makanan yang berasal dari Bandung ini memiliki cita rasa khas yang lezat dan terkadang sedikit pedas. Seperti menu favorit orang Indonesia pada umumnya.

Seblak sendiri merupakan jajanan berupa kerupuk mentah yang dimasak dengan bahan-bahan lainnya, seperti bakso, ceker ayam, sosis, bakso, dan lain-lain. Salah satu ciri khas seblak Bandung adalah menggunakan komponen kencur. Tak lupa disajikan dengan kuah yang berbumbu, buat seblak sangat segar saat dikonsumsi di musim dingin.

Meski sudah banyak dijual di berbagai tempat, membuat seblak sendiri juga sangat menarik. Kalian bisa mengkreasikan sendiri bahan yang ingin kalian tambahkan. Berikut ini adalah cara membuat seblak ala rumahan yang mudah.

Bahan :

· 100 g kerupuk mentah

· 300 ml air

· 1 butir telur

· 2 siung bawang putih

· 5 siung bawang merah

· 1 ½ cm kencur

· 4 buah cabai rawit

· 1 sdt garam

· 1 sdt gula pasir

· 1 sdt penyedap rasa

· 1 sdm minyak

Cara membuat :

Pertama, yang harus dilakukan adalah merendam kerupuk di wadah yang telah berisi air mendidih. Tunggu hingga kerupuk mentah ini menjadi mengembang.

Kedua, buatlah bumbu seblak terlebih dahulu. Yakni dengan mengulek bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan kencur. Pasti kalian bahan-bahan tersebut bisa tercampur hingga halus.

Ketiga, kalian bisa mulai memanaskan minyak di wajan. Setelahnya masukkan bumbu yang sudah halus tadi dan tumis hingga aroma sedapnya keluar. Tidak perlu waktu lama, masukkan telur dan campurkan dengan bumbu tumis hingga merata

Keempat, saat campuran bumbu tumis dan telur sudah matang, tambahkan air matang sebanyak 300 ml. Aduk hingga bumbu dan air bisa menyatu, perlahan tambahkan garam, gula pasir, dan penyedap rasa untuk menambah cita rasa seblak. Jika masih kurang, kalian bisa menambahkan sendiri bumbu tambahan sesuai selera, asal jangan sampai keasinan ya.

Kelima, jika rasa bumbu dirasa sudah pas, saatnya memasukkan bahan utama. Yakni kerupuk yang tadi sudah mengembang. Masak sebentar hingga bumbu meresap dan kuahnya sedikit surut.

Keenam, matikan api apabila seblak sudah matang. Kalian bisa angkat dan sajikan dalam wadah. Maka seblak ini bisa langsung disantap.

Selain dinikmati sendiri, seblak juga merupakan hidangan yang cocok untuk disantap bersama keluarga. Bahkan merupakan perluang yang baik saat kalian ingin membuka bisnis dibidang food and beverage. Selamat mencoba ya![mnd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar