Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Tak Ingin Tabrak Waktu Salat, Grand Carnaval JFC Digelar Malam

Jember Fashion Carnaval, karnaval fesyen jalanan. terbesar di dunia dengan defile yang menempuh jarak 3,6 kilometer. [foto: David Susilo/JFC]

Jember (beritajatim.com) – Pelaksanaan karnaval utama (grand carnaval) Jember Fashion Carnaval di Kabupaten Jember, Jawa Timur, tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Perbedaan paling menyolok adalah perubahan jam pelaksanaan dari siang hari menjadi malam hari.

Rencananya, JFC akan digelar pada 6-7 Agustus 2022. Karnaval utama yang menempuh jarak catwalk sepanjang 3,6 kilometer di jalanan utama Kabupaten Jember dijadwalkan pada Minggu (7/8/2022). Tahun-tahun sebelumnya, karnaval digelar pada pukul dua siang. Kali ini digelar pada pukul tujuh malam.

“Kami lakukan setelah salat Isya. Kami ingin mengurangi kemacetan dan agar peserta tak kehilangan waktu salat asar dan magrib. Jadi grand carnaval kami mulai setelah isya hingga pukul sepuluh malam, mulai dari central park atau alun-alun hingga Gedung Serbaguna Jember,” kata Direktur Event JFC David Susilo, ditulis Jumat (5/8/2022).

Baca Juga:

    Isu JFC menabrak waktu salat asar dan magrib ini selalu muncul setiap tahun, terutama karena Jember adalah kota yang memiliki nuansa keagamaan kental. Perubahan waktu pelaksaan itu dengan dengan demikian mengakomodasi isu tersebut.

    Tak hanya itu. JFC juga mengakomodasi musik hadrah melalui karnaval bertema The Hadra Rythm Carnaval. “Kami tidak mengubah apa yang dinyanyikan hadra. Tapi kami lebih mengarahkan performa dan busana agar layak dilihat dan memiliki kekuatan tersendiri dari sisi style dan performa koreo konten hadrah itu sendiri,” kata David.

    JFC tidak akan mengubah kostum hadrah secara radikal. “Tidak akan pernah sama dengan JFC yang pernah kita lihat. Kostumnya tetap kostum hadrah, cuma kami mofidikasi tanpa mengubah norma yang ada. Kami improvisasi agar dari sisi (kepentingan foto dan gambar gerak) media dan fashionable-nya layak,” kata David. [wir/ted]


    Apa Reaksi Anda?

    Komentar