Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Tak Hanya Sehat, 4 Makanan Ini Dipercaya Dapat Perbaiki Mood

(Foto: Anita Jankovic, unaplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Penelitian menunjukkan bahwa makanan dapat merusak atau memperbaiki mood. Inilah mengapa penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa makanan yang boleh dikonsumsi saat sedang badmood namun tetap sehat.

Seperti dilansir dari Boldsky, Selasa (12/10/2021) kurangnya dopamin atau serotonin dalam tubuh dapat menyebabkan seseorang merasa gelisah, jengkel, sampai marah. Sehingga penting untuk memberi nutrisi otak dengan makanan tertentu yang dapat membantu meningkatkan produksi hormon ini.

Namun, kebanyakan dari Anda menyamakan kebahagiaan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi atau kafein tinggi. Padahal, mengandalkan kafein atau gula yang tinggi bukanlah ide yang baik. Dan tentu saja, tidak sehat.

Nah, berikut ini 5 macam makanan sehat yang dipercaya dapat meningkatkan mood:

Pisang

Buah kuning ini kaya akan potasium dan magnesium, keduanya bertindak sebagai penguat suasana hati alami, karena meningkatkan kadar serotonin di otak. Selain itu, pisang adalah sumber yang kaya vitamin A, B6 dan C, dan asam amino triptofan yang meningkatkan mood. Terlebih pisang hijau yang baik untuk kesehatan usus Anda karena membantu memberi makan bakteri usus yang sehat, yang membantu mencegah gangguan mood.

Cokelat Hitam

Ganti cokelat manis Anda dengan cokelat hitam yang dipercaya dapat meredakan amarah dan stres. Cokelat hitam memiliki khasiat untuk meningkatkan hormon “suasana hati yang baik” dalam tubuh dengan cara mengurangi hormon pemicu stres. Studi telah menemukan bahwa hanya makan 1,4 ons cokelat hitam memiliki kemampuan yang kuat untuk menurunkan hormon stres kortisol dan katekolamin dalam tubuh, sehingga mengurangi kecemasan Anda.

Jamur

Bahan makanan ini mengandung vitamin esensial seperti vitamin B6 yang berdampak pada produksi serotonin dan neurotransmiter. Vitamin sehat ini juga dikaitkan dengan memberikan suasana hati yang positif, dan dapat membantu mengurangi stres secara alami.

Susu

Susu dapat meningkatkan mood Anda. Susu dikenal dapat meningkatkan mood karena mengandung senyawa yang disebut tryptophan, yang nantinya akan berubah menjadi serotonin, yang merupakan hormon bahagia dan mengatur suasana hati Anda. Selain itu protein yang ditemukan dalam susu yang dikenal sebagai laktium memiliki efek menenangkan pada tubuh. [rsf/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar