Gaya Hidup

Surabaya Friends Club Donasi APD Hingga Pelosok Jawa Timur

Surabaya (beritajatim.com) – Kebutunah APD (alat pelindung diri) untuk tenaga medis di tengah pandemi masih terus dibutuhlan. Hal itu mengingat jumlah pasien positif corona di Jatim terus meningkat. Oleh sebab itu, Surabaya Friends Club (SFC) mendonasikan APD bagi tenaga medis yang notabene menjadi garda terdepan penanggulangan pandemi Covid-19.

APD didistribusikan ke beberapa Puskesmas di Surabaya dan Bangkalan. Selain itu juga Rumah Sakit Mohamad Saleh Probolinggo, dalam waktu dekat. Dendy Sean T Ketua Surabaya Friend Club mengatakan ratusan APD (medis dan non medis) akan diprioritaskan bagi tenaga medis yang berada di zona merah.

“Terdapat 480 Hazmat dan beberapa perlengkapan non medis seperti hand sanitizer, kopi, air minum, jamu dan kacamata yang diberikan di lokasi. Yang mudah dijangkau dan ada di zona merah,” ungkapnya, Minggu (3/5/2020).

Lanjut Dendy, penggalangan dana tidak hanya diikuti oleh komunitas SFC di Surabaya, tetapi di seluruh Indonesia. Seperti Jakarta, Malang, Sidoarjo, dan Pasuruan. Walhasil, terkumpul dana sekitar Rp 63 juta untuk donasi. Dendy mengatakan, akan menyalurkan ke masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di Surabaya.

“Sisa donasi akan kami belikan sembako dan akan didistribusikan langsung ke beberapa warga yang membutuhkan. Diharapkan donasi tidak berhenti sampai di sini. kata Dendy.

Dalam pendistribusian barang, Dr. Wenata utama Solaiman yang menjadi tenaga medis di RS Mohamad Soleh Probolinggo mengaku berterimakasih atas bentuk donasi yang diterimanya. Bagaimana tidak, menjadi salah satu rumah sakit rujukan bagi pasien Covid-19, namun jumlah APD sangat minim. “Kurangnya kebutuhan APD hampir dirasakan oleh seluruh tenaga medis termasuk di RS Mohamad Saleh, Probolinggo,” ungkapnya.

Dirinya mengatakan, normalnya para tenaga medis dalam sehari bisa ganti empat sampai lima kali masker medis. Tetapi pada kondisi saat ini dalam dua hari bahkan tidak ganti masker dan terpaksa dicuci kembali. [way/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar