Gaya Hidup

Sumenep Gelar Batik on The Sea di Pantai Slopeng

Sumenep (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelar Batik on The Sea 2019 (art of colorful batik Madura) di Pantai Slopeng, Sabtu (27/07/2019).

Ketua pelaksana kegiatan Batik On The Sea 2019, Sigit Tri Atmoko menjelaskan even tahunan dalam rangkaian Tahun Kunjungan Wisata Sumenep ini sebagai upaya memperkenalkan keindahan pantai digabungkan dengan keluhuran budaya batik.

“Kami melibatkan pengrajin batik se- Jawa Timur dan perancang busana se- Jawa Timur. Selain itu, hadir juga Disparbudpora Provinsi Jawa Timur, pecinta fashion show se- Jawa Timur, Disparbud se- Jawa Timur, dan pengusaha se- Indonesia,” ujarnya.

Pada rangkaian even tersebut, juga diwarnai dengan parade layang-layang, fashion competition, pameran batik dan photography competition.

“Untuk parade layang-layang ini juga berbahan dasar batik. Seni layang-layang merupakan sebuah permainan tradisional yang selama ini dikenal sebagai permainan yang sarat dengan nilai kebudayaan. Karena itu, kami juga tampilkan bersamaan dengan acara Batik on the sea,” terangnya.

Parade layang-layang ini menyajikan berbagai corak dan ragam, baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. “Ini sebagai sebuah bentuk event kebudayaan atau dapat disebut ritual tertentu di sebuah daerah,” jelasnya.

Untuk peserta fashion competition juga akan menampilkan busana batik. Itu sebagai media guna membangun daya tarik pariwisata pantai yang sekaligus mengenalkan batik dari berbagai pengrajin. (tem/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar