Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Suka Baca? Ini Daftar Novel Bertema Persahabatan yang Paling Populer

Unsplash

Surabaya (beritajatim.com) – Novel bisa jadi hiburan di kala senggang. Hiburan dengan membaca novel dapat mendatangkan beberapa manfaat sekaligus. Misalnya bertambahnya pengetahuan, mendapat hiburan, dan belajar tentang kehidupan. Novel yang punya banyak penggemar biasanya bergenre percintaan, teenlit, atau novel horor. Namun, tidak kalah seru untuk dibaca, novel bertema persahabatan. Bahkan beberapa dari novel ini sudah dialihwahanakan menjadi film.

5 CM

Novel 5 CM menceritakan perjalanan lima orang sahabat untuk mencapai puncak tertinggi tanah Jawa, yaitu gunung Semeru. Novel ini seakan mewujudkan pepatah yang mengatakan jika kamu ingin tahu sifat atau karakter asli seorang sahabat, maka ajaklah untuk mendaki gunung.

Dalam novel ini, banyak bercerita tentang perjalanan mencapai puncak gunung yang nyatanya tidak berlangsung mulus, melainkan dipenuhi dengan banyak situasi dan rintangan tidak terduga yang kian membuat persahabatan mereka erat. Selain mengangkat kisah persahabatan, novel ini juga dilengkapi unsur humor, romance, sekaligus pesan nasionalisme agar lebih mencintai tanah air.

Negeri Van Oranje

Jika novel 5 CM berkisah seputar perjalan di negeri sendiri, novel Negeri Van Oranje justru mengangkat 5 orang Indonesia yang tengah menempuh pendidikan di Belanda. Mereka berlima saling memberi semangat untuk bisa bertahan di negeri orang demi mencapai cita-cita masing-masing.

Karakter tokoh yang berbeda dalam novel ini membuat alur kisah kian berwarna. Novel ini semakin lengkap karena dipenuhi dengan unsur humor yang menggelitik, sekaligus cerita yang bisa menyentuh emosi pembaca.

Negeri 5 Menara

Sama seperti dua novel di atas, novel ini juga sudah pernah alih wahana dalam bentuk film. Mungkin di antara kalian, sudah tidak asing lagi dengan novel ini. Novel ini mendapat sambutan yang baik dari para pembaca. Terutama karena mengangkat kisah persahabatan di pondok pesantren modern. Selain itu, novel karya Ahmad Fuadi ini juga mengangkat nilai kehidupan yang bisa dipetik bagi kita agar lebih termotivasi guna mewujudkan mimpi dengan diiringi usaha yang keras serta hati ikhlas.

Laskar Pelangi

Novel Laskar Pelang mungkin jadi yang paling populer. Novel karya Andrea Hirata ini sukses menyita perhatian pembaca, apalagi saat novel diadaptasi jadi sebuah film layar lebar. Novel berkisah tentang perjalanan 10 orang siswa di pulau Belitung yang berupaya keras untuk bersekolah demi memperbaiki masa depan.

Novel ini pun berhasil menyentuh perasaan pembaca dengan ide cerita yang menarik. Warna-warni persahabatan anak-anak dengan karakternya yang unik membuat novel Laskar Pelangi layak mendapat gelar yang paling populer.

Sudah pernah membaca salah satu novel tersebut? Jika belum, kalian wajib untuk membaca salah satu dari kelimanya, atau bagi yang ketagihan bisa dibaca semua. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar