Gaya Hidup

Sosok Kartini Modern, Olah Sampah Makanan Jadi Pupuk Kompos

Surabaya (beritajatim.com) – Beragam cara bisa dilakukan untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April mendatang. Salah satunya yang dilakukan karyawan Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama.

Mengusung tema Kartini peduli lingkungan, kali ini Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama melanjutkan program Accor yakni Planet 21 “Together, Let’s Help Restore Our Planet Earth”. Dalam kesempatan tersebut akan melakukan program Food waste & waste management.

Bekerja sama dengan siswa kelas VII SMPN 6 Surabaya bernama Areya yang merupakan juara keluarga Eco School 2020. Areya dan keluarganya menyulap lahan kosong di rumahnya menjadi green house. Green house ini untuk mengolah limbah makanan menjadi pupuk kompos dengan menggunakan maggot, komposter aerob dan tanaka. Saat ini keluarga Areya sudah memiliki Kampung Mitra Binaan sendiri di Jl. Dinoyo.

“Hotel kami mendukung dengan mengumpulkan sampah makanan atau food waste. Food waste itu merupakan sisa dari hidangan, baik dari sisa event atau sisa breakfast. Dimana setiap hari nya akan diberikan ke Areya untuk di kelolah menjadi pupuk kompos dan hasil pengjualan pupuk kompos tersebut diberikan ke Hotel kami untuk berbuka puasa dengan anak yatim piatu,” ucap Treti Christina, Director of Talent and Culture Cluster Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama.

Di kesempatan kali ini pula, Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama mengajak keluarga yang ada di sekitar Jl. Dinoyo untuk mengumpulkan sampah makanan untuk di berikan ke Kampung Mitra Binaan guna dikelola menjadi pupuk kompos. Setiap keluarga yang memberikan sampah makanan tersebut akan ditukar dengan snack untuk berbuka puasa.

“Kami sangat mendukung program ini, kami pun bekerja sama dengan Tunas Hijau dalam membuat acara ini, tujuan nya dapat mengurangi sampah makanan yang terbuang dan terlebih lagi dapat berguna di manfaatkan menjadi pupuk kompos. Tentunya di acara ini kami tetap memperhatikan dan mengikuti Protokol Covid-19,” ujar Andreas Riyadi, General Manager Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama. [way/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar