Gaya Hidup

SLG 2 Inspirasi Literasi di Ponorogo.

Ponorogo (beritajatim.com) – Bulan lalu, sekolah literasi gratis (SLG) 2 yang diinisiasi oleh STKIP PGRI Ponorogo kembali digelar. Program ini sebagai lanjutan SLG sebelumnya yang mendapatkan apresiasi positif dari berbagai kalangan.

Hadirnya pemateri berprestasi di bidang literasi, program rutin dan berkelanjutan, bersifat gratis, dan progres untuk perkembangan literasi menjadi indikator muncul apresiasi tersebut.

”SLG yang ke-2 ini pertama kali dilaksanakan pada hari Minggu (29/9/2019) yang lalu. Antusias pesertanya bagus,” kata ketua STKIP PGRI Ponorogo Sutejo, Jumat (4/10/2019).

Sutejo menjelaskan bahwa program SLG memang ditujukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat terkait literasi. Terlebih berbagai berita yang menunjukkan tingkat literasi yang masih rendah. Kembali terselenggaranya SLG untuk menjawab kerinduan sekaligus terus menumbuh-kembangkan literasi di masyarakat.

”Kehadiran tokoh-tokoh literasi sebagai pemateri diharapkan mampu mendulang inspirasi sekaligus tergerak berliterasi,” katanya.

Arafat Nur dan Yuditeha menjadi pemateri pertama di SLG 2 kali ini. Sutejo menceritakan Arafat Nur, pemenang Kasula Sastra Khatulistiwa tahun 2011 memperkenalkan karya-karyanya. Novel berjudul Tanah Surga Merah, Tempat Paling Sunyi, Lolong Anjing di Bulan dan beberapa deret novel lainnya.

”Perkenalan karya ini menjadi penanda kekaryaan sekaligus pemantik peserta untuk menulis,” harap Sutejo.

Sementara itu pemateri kedua Yuditeha, sastrawan pendiri komunitas Kamar Kata banyak mengupas konsep menulis cerpen dan novel. Menurutnya, membangun menulis cerita itu lebih penting dari pada keindahan kata. Pesan yang sejatinya ditujukan untuk penulis pemula agar banyak berlatih dan banyak membaca.

Sutejo menambahkan bahwa program SLG 2 agendanya akan diselenggarakan setiap bulan sekali di hari Minggu. Bertempat di graha Saraswati STKIP PGRI Ponorogo.

”Dengan berliterasi mari kita bangun peradaban yang lebih baik di Indonesia,” pungkasnya.(end/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar