Gaya Hidup

Single Tasking, Cara Efektif Tingkatkan Produktifitas

(Foto: Burst, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Perkembangan teknologi yang semakin maju dan canggih, bukan saja memberikan banyak manfaat. Di sisi lain, juga menuntut kita bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu. Menjadikan multitasking sebagai salah satu kebiasaan baru di masyarakat kita.

Beberapa perusahaan juga meminta kita mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Keadaan ini membuat kita merasa bingung mennetukan prioritas yang harus diselesaikan lebih dulu. Maka, tidak sedikit dari mereka yang memutuskan untuk Multi-tasking. Namun, tentu saja hal itu tidak mudah untuk dilakukan.

Di bukunya Company of One, Gloria Mark, profesor Departemen Informatika di Universitas California menyampaikan bahwa ketika mendapatkan gangguan, butuh waktu sekitar 23 menit 15 detik bagi seseornag untuk bisa berkonsentrasi kembali pada pekerjaan utama. Sehingga, maka semakin banyak pekerjaan lain yang datang, makin banyak pula waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan utama dan pekerjaan-pekerjaan lainnya.

Saatnya untuk mencoba salah satu metode ini, Single-tasking. Ini adalah langkah yang bisa dijadikan solusi ketika mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas yang menumpuk.

Produktivitas Kerja lebih Meningkat

Sadar atau tidak ketika kita terlalu sering mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu itu akan membuat energi dari pikiran dan emosi terkuras secara tidak langsung, hal ini membuat kita lebih mudah stress karena tidak bisa fokus ke beberapa tugas sehingga risiko kesalahan lebih besar. Namun, Single-tasking akan membantu kita lebih teliti dan produktif, hal ini dikarenakan energi masih tersimpan dalam mengerjakan tugas lain setelah satu tugas selesai sehingga kita bisa semakin produktif.

Menciptakan Hasil Kerja Yang Memuaskan

Fokus dan Teliti akan membuat hasil kerja jadi lebih memuaskan sehingga menciptakan hasil optimal. Cobalah untuk mengerjakan dengan pikiran dan hati yang tenang, kita tidak perlu tergesa-gesa dalam bekerja. Namun lebih baik lakukan dengan perlahan dengan single tasking sehingga pikiran dan tubuh menjadi lebih fokus tanpa terbebani antrian tugas dan memilih fokus pada satu tugas untuk diselesaikan.

Membantu dalam mengurangi distraksi

Ruang menjadi tempat yang berpengaruh dalam kehidupan pekerjaan kita, terkadang ketika keadaan yang berada dirumah kita menjadi terganggu dengan berbagai hal. Terkesan sepele tapi gangguan-gangguan kecil ini dapat mengganggu pekerjaan. Maka kita bisa menerapkan single-tasking untuk membantu terbebas dari setiap distraksi yang kemungkinan menjadi tembok tebal untuk menekan segala hal yang dapat mengganggu konsentrasi. (prd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar