Gaya Hidup

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Gejala Penuaan dengan Demensia

Ilustrasi hilangnya memori (pixabay cr: Thitaree Sarmkasat)

Surabaya (beritajatim.com) – Kurang fokus, sering lupa hal-hal yang kecil, hingga hilangnya kemampuan multitasking merupakan tanda-tanda penuaan. Namun ada juga yang menyebutkan bahwa itu merupakan tanda-tanda demensia. Lalu tahukah Anda apa perbedaan demensia dengan gejala penuaan pada umumnya?

Seperti dilansir dari Time of India, Jumat (10/9/2021) demensia merupakan gejala mental kronis yang menyerang lansia yakni umur 65 tahun ke atas. Istilah ini juga sering digunakan untuk mendefinisikan beberapa kondisi kesehatan mental seperti penyakit alzheimer, demensia vaskular, penyakit parkinson, dan lainnya. Namun mengalami hilangnya ingatan karena faktor penuaan dengan demensia merupakan dua hal yang berbeda, berikut penjelasannya:

Pelupa di usia tua adalah normal
Hilangnya memori kerena faktor usia merupakan hal yang wajar. Melansir dari laman Harvard Medical School, salah satu masalah memori yang umum adalah “kefanaan”. Ini adalah konsep bahwa ingatan dapat hilang seiring waktu. Hal tersebut berarti bahwa jika Anda tidak mengingat dan menggunakan memori atau fakta secara teratur, kemungkinan besar akan dilupakan setelah waktu yang lama.

Contoh kasusnya jika Anda melupakan janji temu dengan seseorang atau tidak ingat di mana Anda meletakkan ponsel. Meskipun hal tersebut membuat frustrasi, namun ini bukan gejala demensia. Bisa saja Anda mengalami gangguan atau sibuk dan tidak mencatatnya dalam ingatan Anda.

Demensia
Tanda-tanda demensia mungkin terlihat mirip dengan pelupa, namun penderita demensia akan kehilangan ingatannya secara extream dari waktu ke waktu. Jika kelupaan karena faktor umur hanya sebatas lupa manaruh kunci motor atau lupa nama client, penderita demensia jauh lebih parah, yakni melupakan nama teman dekat dan keluarga atau tidak dapat mengingat kata-kata tertentu bahkan dalam rentang waktu yang dekat.

Perubahan kepribadian dan dis-orientasi juga merupakan tanda-tanda demensia. Orang yang lebih tua yang mengalami demensia dapat menunjukkan agresif mendadak atau impulsif yang mungkin bukan bagian normal dari kepribadian mereka. Terkadang, perubahan kepribadian ini dipicu oleh dis-orientasi yang terjadi karena lingkungan baru. Pergi ke tempat yang asing dapat membuat mereka merasa tersesat atau tidak tenang. [rsf/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar