Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Sering Overthinking Sebelum Tidur? Lakukan Hal Ini Agar Terhindar

unsplash

Surabaya (beritajatim.com) – Overthinking merupakan pikiran berlebihan atas sesuatu hal yang sebenarnya belum tentu terjadi. Seseorang yang overthinking akan risau juga mengalami ketakutan. Overthinking ini tidak baik bagi kesehatan mental seseorang karena akan selalu tertekan.

Perasaan ini sebenarnya bisa muncul di mana saja dan kapan saja. Namun, yang paling sering sering biasa muncul pada malam hari sebelum tidur. Saat tenang, suasana sepi lampu terang berganti lampu tidur, pikiran bebas pun muncul. Tak ayal seseorang yang mengalami overthinking akan mengalami tidur yang kurang berkualitas. Berikut ini cara agar bisa terbebas dari overthinking sebelum tidur

 

Pertama, coba tuliskan pikiran

Anda bisa menuangkan segala keresahan dan kecemasan hidup dalam suatu tulisan. Dengan tulisan bisa melepaskan hal yang mengganggu juga melepas emosi. Anda jadi lebih tenang karena sudah bercerita pada tulisan

Kedua, dengarkan musik

Sebagaimana dituangkan dalam sebuah penelitian oleh National Center for Biotechnology Information bahwa mendengar musik dapat membantu terlelap lebih cepat. Musik dinilai ampuh menenangkan pikiran, sehingga pikiran yang menyebabkan tidak tenang bisa hilang dengan musik. Musik juga bisa menaikkan mood seseorang, mood yang baik juga menghindarkan dari pikiran negatif.

Ketiga, baca buku

Ada penelitian dari Medical News Today, yang mengungkap jika sebenarnya membaca buku itu dapat memberi ketenangan. Dengan membaca buku juga membantu mengurangi kecemasan sebelum tidur sehingga terhindar dari overthinking. Baca buku terutama yang berkaitan dengan motivasi hidup akan lebih bermanfaat untuk kembali pada pikiran positif.

Keempat, coba latihan pernapasan

Melatih pernapasan bisa menjadi cara menenangkan pikiran agar bisa cepat tidur. Nafas yang teratur akan menghilangkan rasa overthinking. Anda bisa ambil napas secara mendalam, lalu menghembuskannya perlahan. Sehingga napas bisa teratur dan membuat tenang.

Kelima, minum susu hangat

Susu merupakan minuman yang dipercaya mengandung asam amino triptofan (TRP). Berdasarkan penelitian yang diterbitkan Sciencedirect, kandungan dari susu tersebut dapat mencegah dari perasaan overthinking.

 

Sebaiknya agar lebih tenang, coba cuci muka dan baca doa sebelum tidur. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar