Gaya Hidup

Sering Menunda Pekerjaan, Coba Lakukan Hal Ini!

Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

Surabaya (beritajatim.com) Perasaan malas ketika bekerja terkadang membuat kita merasa sulit untuk melakukan pekerjaan. Parahnya adalah ketika hal ini terjadi saat sudah mengerjakan tugas atau pekerjaannya mendekati tenggat waktu atau deadline. Secara tidak langsung, ini akan membuat kita menunda pekerjaan dan membuang waktu. Lama – lama ketika dibiarkan akan menjadi sesuatu kebiasaan buruk yang tercipta.

Beberapa Tips Supaya Tidak Menunda Pekerjaan Untuk Meningkatkan Kualitas:

Bangun Terlebih Dahulu Niat Untuk Mengerjakan
Salah satu faktor mendasar yang perlu dibangun dalam diri kita. Bahkan kita tidak bisa bersemangat ketika sedang bekerja tanpa adanya niat. Selain itu, Kebiasaan menunda tidak dapat diselesaikan dengan solusi lain tanpa ada niatan untuk bekerja.
Meskipun bukan sesuatu hal yang mudah dan membutuhkan proses, namun jadikan ini sebagai proses yang jangan ditolak. Cobalah untuk melewatinya dengan lebih mudah sehingga ketika mendekati deadline, maka tidak selalu terburu-buru bahkan terlambat. Selain itu, jauh dari pemikiran itu, ini memang suatu cara untuk membuat kita lebih produktif dan menjalani hidup dengan lebih santai.

Menuliskan Catatan dan Jadwal Secara Tertulis
Percaya atau tidak, ketika kita menulis dengan baik pada jadwal tertulis akan membantu kita mengetahui timeline kerja secara keseluruhan bahkan tidak terpaku pada satu hari. Lebih baik, ketika kita mempunyai kalender bulanan di meja dan menuliskan setiap pekerjaan di kalender supaya kita bisa terus teringat akan pekerjaan.

Fokus dan Coba Untuk Menghindari Sosial Media
Perasaan bosan memang tidak dapat dipungkiri terjadi ketika kita terlalu fokus bekerja. Maka penting, jika kita merasa bosan terkadang memang ingin menggunakan sosial media. Tapi ketika sudah mulai bermain media sosial, kita bisa banyak menghabiskan waktu disini bahkan hingga berlanjut. Faktanya, ketika terlalu sering bermain sosial media dan main game akan membuat kita semakin sering menunda pekerjaan.

Menikmati Tidur Yang Nyaman Dan Cukup
Konsentrasi yang baik dapat diperoleh dari tidur teratur dan cukup. Ketika kita mendapatkan istirahat yang cukup, tentu saja membuat kita tidak mudah mengantuk Selain itu, ketika kurang istirahat, maka fokus jadi lebih cepat buyar sehingga kerja jadi kurang optimal. Maka kita perlu mengatur waktu supaya tetap membagi waktu dengan baik, waktu untuk tidur dan bekerja. [prd/esd]



Apa Reaksi Anda?

Komentar