Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Sering Lapar Menjelang Tidur? Lakukan 3 Metode Ampuh Ini

Tirachard, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – kebanyakan orang memilih untuk meninggalkan makan malam mereka. Hal ini karena kepercayaan bahwa makan pada malam hari dapat menyebabkan penambahan berat badan. Lalu apakah yang akan Anda lakukan jika rasa lapar menyerang pada malam hari?

Seperti dilansir dari laman Self, Kamis (16/9/2021) makan malam memang dapat menyebabkan masalah pencernaan, apalagi bagi Anda yang membutuhkan dua hingga empat jam untuk proses menggiling makanan. Jika perut Anda masih bekerja keras untuk memecah makanan, Anda mungkin merasa tidak nyaman saat berbaring untuk tidur. Anda juga mungkin mengalami refluks lambung atau masalah pencernaan lainnya. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi masalah ini? Berikut ulasan selengkapnya:

Jangan tinggalkan sarapan

Sarapan dapat menahan rasa lapar sepanjang hari, hal ini karena dapat membantu pencernaan Anda bekerja lebih awal di pagi hari. Akhirnya mempengaruhi tingkat rasa lapar selama berjam-jam yang akan datang. Jika Anda tida terbiasa untuk sarapan pagi, rasanya memang seperti memaksakan diri. Namun jika dilakukan secara rutin, mungkin Anda akan terbiasa. Anda Tidak harus sarapan dalam jumlah besar, bisa mulai dengan makanan kecil atau camilan hangat.

Perhatikan pola makan harian

Penting bagi Anda untuk mengingat komposisi makanan apa saja yang Anda konsumsi sepanjang hari. Rasa lapar menjadi tanda tubuh Anda membutuhkan lebih banyak energi dan nutrisi. Wendy Lopez, M.S., R.D., C.D.E., seorang ahli diet dan gizi serta pendidik diabetes, merekomendasikan untuk makan setidaknya tiga kali sehari dengan mmepertimbangkan jumlah asupan yang yang seimbang.

Anda harus memenuhi kandungan, karbohidrat (termasuk serat), protein, dan lemak, yang akan membantu memenuhi kebutuhan energi harian Anda. Menurut Wendy asupan makanan tersebut setidaknya dapat mengganjal perut Anda selama tiga jam.

Selingi dengan camilan

Jika Anda merasa sudah memenuhi dua poin di atas dan masih merasa lapar, cobalah dengan mengonsumsi camilan sebagai selingan di antara jam-jam Anda makan. Jenis makanan yang Anda pilih sebagai cemilan juga penting. Jangan mengonsumsi makanan yang digoreng atau mengandung lemak jenuh, ini karena dapat memperlambat proses pencernaan. Selain itu perhatikan juga faktor-faktor yang dapat memengaruhi Anda cepat lapar, seperti olahraga, pekerjaan yang membutuhkan tenaga atau berpikir, serta sedang dalam siklus menstruasi bagi wanita. [rsf/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar