Gaya Hidup

Sering Gelisah? Agar Hati Lebih Tenang Lakukan Hal Ini

Pixabay

Surabaya (beritajatim.com) – Banyak faktor yang membuat hati jadi gelisah dan tak tenang. Berbagai permasalahan dalam hidup dari yang remeh sampai yang serius dapat menjadi sumber hati tak tenang. Sebenarnya banyak hal positif yang dapat dilakukan agar hati jadi lebih tenang dan terlepas dari pikiran maupun beban yang terasa berat, di antaranya ialah:

 

Berprasangka baik 

Hal dasar yang perlu dilakukan adalah membuang semua pikiran negatif, terlebih hal-hal yang belum benar akan terjadi. Memikirkan kemungkinan terburuk yang terjadi nanti atau pun esok tentu boleh, namun tidak jika hal itu justru menjadikanmu overthinking. Mencoba berprasangka baik terhadap diri sendiri dan orang lain itu perlu, terlebih jika dibarengi dengan upaya untuk meminimalisir sesuatu yang tidak diinginkan.

Jauhi sifat iri dan dan dengki

Setiap orang tentu memiliki kelebihan kekurangan, keberuntungan, dan kesialannya masing-masing. Jadi, tidak perlu iri dengan pencapaian orang lain. Jika merasa proses yang dilaluinya sama, namun ternyata hasil yang didapatkan berbeda. Mungkin Tuhan sedang mengujimu atau bisa jadi itu adalah buah manis yang didapatkan orang lain hasil dari kesabarannya selama ini. Sifat iri pada dasarnya hanya membuatmu stuck dan tidak berkembang, karena fokusmu hanya untuk mengeluhkan pencapaian orang lain.

Jadikan dendam positif

Beberapa orang yang  dipenjara karena aksi balas dendam akibat dirinya dihina, mungkin itu bisa jadi pembelajaran, bahwa balas dendam dengan menyakiti  orang lain sampai melanggar hukum justru berdampak buruk untuk diri sendiri. Balas dendam terbaik adalah dengan pencapaian diri. Tidak perlu banyak bicara dan aksi untuk meladeni hal-hal negatif. Cukup dengan niatkan hati agar bisa menunjukkan bahwa diri bisa lebih dari har ini.

Jauhi orang toxic

Hal lainnya ialah membangun circle yang lebih sehat. Jauhi orang-orang yang hanya membuatmu merasa tertekan dan dirugikan. Jika orang-orang yang dianggap toxic berada dalam hubungan sosial media, tentu cukup sederhana, yakni hapus pertemanan atau bhakan blokir akunnya. Namun, jika dalam hubungan sehari-hari, mungkin cukup dengan kurangi interaksi. Lakukan komunikasi seperlunya saja. Jika, ia mempertanyakan perubahanmu, jawab saja apa adanya, ‘Maaf, karena saya tidak nyaman’.

Berserah diri pada Tuhan

Poin utama agar hati bisa lebih tenang ialah menyerahkan atau memasrahkan diri pada Tuhan YME. Karena sebaik-baik manusia, Tuhan lah yang maha baik. Tidak hanya mendengarkan keluh dan kesah hambanya, melainkan juga memberi jawaban atas segala do’a. Percaya saja, jika rencana Tuhan akan berakhir indah, jika tidak indah berarti itu bukan akhir. [fyi/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar