Gaya Hidup

Sering Dianggap Sepele, Kebanyakan Garam Berbahaya Bagi Tubuh

Castorly, pexels

Surabaya (beritajatim.com) Masakan atau makanan biasanya kurang lengkap tanpa adanya garam. Ini adalah salah satu bumbu penyatu sehingga makanan jadi terasa lezat. Hanya saja, kita harus menjaga kadarnya supaya tidak terlalu banyak.

Kadar garam yang kebanyakan akan membuat cita rasa jadi kurang sempurna bahkan dapat membahayakan kesehatan tubuh. Dasarnya, garam adalah mineral yang terdiri dari dua unsur, yaitu natrium (Na) dan klorin (Cl). Memang kedua unsur ini sangat dibutuhkan tubuh bagi otak dan saraf. Hal ini dikarenakan mereka mengirimkan beragam sinyal dan impuls listrik ke area tubuh yang lain.

Keunggulan dari penggunaan garam dalam jumlah kecil atau normal adalah mereka mampu menyedapkan masakan sehingga berdaya guna tinggi. Selain itu, garam berfungsi dalam mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, membantu mengembangkan kecerdasan lewat kandungan yodium sehingga membentuk tulang dan gigi melalui kandungan fosfor.

Hati-hati dalam menggunakan garam, jika berlebihan dapat berakibat hal ini:

Timbul Retensi Cairan

Peristiwa ini biasanya ditandai dengan keluarnya keringat secara berlebihan di tangan dan kaki. Efek berbahaya ini disebabkan karena ginjal menyimpan dan menahan cairan cukup banyak dalam tubuh yang digunakan untuk memproses kelebihan sodium dari garam.

Meningkatkan Tekanan Darah

Terlalu banyak mengonsumsi garam membuat tekanan dalam darah jadi meningkat. Sebenarnya hal ini memang jarang terjadi dan jarang dialami masalah ini.

Berpengaruh pada Tubuh seperti Mulut Kering dan Dehidrasi Yang Berlebihan

Dampak yang dapat ditimbulkan dari kebanyakan garam membuat keinginan tubuh untuk terus minum. Penyebabnya adalah sinyal dari ginjal yang membutuhkan lebih banyak air untuk memproses sodium.Saat seseorang hanya minum air sedikit bahkan tidak minum air setelah mengkonsumsi garam dalam kadar tinggi.

Hal ini menyebabkan tubuh tak bisa memproses sodium yang ada sehingga kemungkinan dia akan mengalami hipernatremia. Biasanya ketika menderita hipernatremia, cairan dalam tubuh bisa keluar dari sel dan masuk ke dalam aliran darah karena ingin memproses sodium yang ada. Bahayanya jika tidak segera di ditangani, maka dapat menyebabkan koma hingga kematian. [prd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar