Gaya Hidup

Sering Alami Insomnia? Ini Penyebab dan Cara Atasinya

Cottonbro, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Adakah yang pernah mengalami kesulitan tidur hingga larut malam? Padahal tubuh sudah sangat siap beristirahat, namun mata belum juga mengantuk. Sulit tidur atau disebut dengan insomina yang berkelanjutan akan mengganggu penderitanya, ada banyak dampak yang diberikan dari kurangnya waktu tidur dan tidur yang tidak berkualitas.

Kondisi ini dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat, gangguan psikologi, masalah kesehatan, dan bisa juga efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu.

Secara umum, orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7,5-8 jam dalam satu hari.

Beberapa gejala yang dialami oleh penderita insomnia adalah sulitnya tidur di malam hari, sering terbangun di tengah malam, merasa lelah meski baru bangun tidur, menjadi mudah marah dan terus merasa cemas, berkurangnya daya ingat dan konsentrasi, hingga berubah menjadi sakit kepala yang menyerang.

1. Mengatur jadwal tidur

Sebagai langkah awal, usahakan untuk tidur pada waktu yang sama setiap hari. Waktu tidur yang tidak menentu bisa mengganggu ritme sirkadian yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh.

Jika kalian terbiasa tidur dalam kurun waktu kurang dari 4 jam, maka secara bertahap, tambahkan waktu tidur anda agar lebih lama.

2. Olahraga

Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dapat membantu mengatur pola tidur yang baik. Olahraga bisa membuat bagian-bagian tubuh yang tegang menjadi lebih relaks. Selain untuk menjaga kesehatan fisik, olahrga pun diyakini dapat menjaga kesehatan mental seseorang.

Hal ini karena olahraga ringan seperti berjalan kaki, jogging, atau berenang dapat membawa energi positif yang akan melepaskan rasa stress dan membuat kalian akan lebih cepat terlelap di malam hari.

3. Jangan makan sebelum tidur

Kebiasaan makan sebelum tidur bisa mengaktifkan sistem pencernaan yang seharusnya ikut beristirahat.

4. Hindari rokok dan alkohol

Usahakan untuk tidak merokok sebelum tidur karena kandungan nikotin yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan kesulitan tidur. Selain itu konsumsi terlalu banyak alkohol bisa membuat kita terjaga sepanjang malam. Kandungan kafein juga bisa menjadi faktor mata yang sulit tidur.

5. Minum susu

Daripada meminum alkohol, kopi, atau minuman dengan kafein lainnya, pilihlah susu hangat agar tubuh lebih rileks dan tidur tidak terganggu. Susu memiliki kandungan tryptophan dan asa amino yang membuat tidur lebih nyenyak serta menyeimbangkan hormone melatonin yang mengatur pola tidur selanjutnya.

6. Baca buku atau dengar musik

Solusi lainnya adalah dengan membaca buku yang akan memberi waktu pikiran untuk bersantai, hal ini lah yang memicu rasa kantuk saat membaca. Sama halnya dengan mendengarkan musik, bagi sebagian orang, ini bisa membantu membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

Terutama untuk lagu yang kecepatannya hanya 60 hingga 80 permenit, sesuai dengan detak jantung dan menjadi lebih tenang.

Apabila hal-hal di atas belum bisa membantu sedangkan gejala insomnia sudah akut hingga tidak tidur berhari-hari, maka segeralah pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Akan dibutuhkan obat-obat khusus yang membantu memperbaiki pola tidur kalian, hindari membeli obat secara sembarangan yang kita tidak tau fungsi dan dosisnya. [mnd/esd].


Apa Reaksi Anda?

Komentar