Gaya Hidup

Seniman Harmonika Gresik Disambangi Ketua Dewan

Gresik (beritajatim.com) – Terbaring sakit cukup lama. Seniman harmonika Gresik Amang Genggong (80) disambangi Ketua DPRD H.Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) di kediamannya.

Bagi myoritas masyarakat Gresik, nama Amang Genggong tidak asing lagi. Berbekal keahliannya memainkan harmonika, pria yang sudah paruh baya itu berkeliling setiap hari dengan mengenakan sepeda angin.

Tetapi sejak sebulan ini, suara harmonika Amang Genggong tak terdengar lagi. Baik itu di sudut kota pudak, di tepi jalan protokol, atau keramaian warkop.

Lama tak muncul, salah seorang anggota dewan memberitahu kepada Ketua DPRD. Bahwa, yang bersangkutan sakit sudah sebulan terbaring lemas di tempat tidur.

“Saya menyambangi rumahnya di Jalan Nyai Ageng Arem-arem Gresik. Tepat di belakang rumah Gajah Mungkur. Saya berjalan memasuki lorong kecil. Di situ dia Amang Genggong menghabiskan hidupnya seorang diri. Sehari-hari. Hanya ditemani sunyi. Di rumah yang berukuran mini. Namun, sumbernya inspirasi. Sampai-sampai beliau berhasil menyabet piagam penghargaan dari rekor MURI,” tutur Gus Yani, Rabu (1/07/2020).

Di atas kasurnya yang tipis dengan spreinya yang lusuh itu, Pak Amang nampak menikmati tidurnya. Meski saya sendiri sebenarnya tidak tega. Saya menawarinya kasur yang lebih layak. Tapi dia lebih menikmati kasur tipisnya itu.

“Pripun kondisine, Mbah,” tanya Gus Yani.

“Durung iso sepeda’an, Gus,” jawab Mbah Amang.

“Ayo, Mbah, kulo beto ten rumah sakit mawon nggeh ben cepet waras,” tawar saya.

“Gak usah, Gus, tak istirahat nak omah wae,” ungkap Mbah Amang.

Kendati tubuhnya terbaring lemas. Tapi, kedua tangan pria lansia itu menunjukkan foto-foto pentasnya mulai masa order lama, orde baru, reformasi, maupun era digitalisasi. Amang Genggong hobi melantunkan lagu ‘Never On Sunday”.

Tidak hanya itu, Mbah Amang juga mampu memainkan tiga alat musik sekaligus, bahkan sambil main silat. Ini belum ada sebelumnya di Gresik. Hanya satu-satunya di Gresik. Sampai detik ini pun masih Mbah Amang yang bisa melakukan itu. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar