Gaya Hidup

Semarakkan Hari Lingkungan Hidup Nasional Lewat Program Dafi Go Green

Sidoarjo (beritajatim.com) – Ada yang berbeda dari suasana kegiatan belajar mengajar di Yayasan Pondok Pesantren Tahfidz Darul Fikri (Dafi) Jalan Raya Sarirogo Sidoarjo. Anak-anak putri pesantren tersebut terlihat riang memamerkan pot bunga warna-warni berisikan tanaman sirih gading yang mereka bawa dari rumah.

“Anak-anak memang mendapat tugas pasca liburan untuk membawa pot bunga berisi sirih gading,” kata Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMP Dafi Tirta Sari Megahari Sabtu (11/1/2020).

Lanjut Tirta, program ini memang didesain untuk menanamkan kecintaan lingkungan pada para santri. Santri – santri yang selama ini dikesankan tak peduli pada lingkungan dan dicap kumuh secara penampilan harus mampu membuktikan diri bahwa mereka sudah berubah.

Menurutnya, masih dalam suasana hari lingkungan hidup dan gerakan menanam sejuta pohon kemarin, hari ini santri-santri Dafi membuktikan sebagai santri yang cinta kebersihan dan cinta lingkungan.

“Itu kami buktikan dengan melakukan kerja bakti dan menghias sekolah dengan taman gantung. Mudah – mudahan akan seindah Taman Gantung Babilonia,” tambahhya berharap.

Khoirunnisa Sinta salah seorang santri kelas VIII mengaku senang dengan program Dafi Go Green itu. Khoirunnisa merasa program ini membuat lingkungan sekolahnya menjadi terasa lebih asri sehingga ia makin betah berlama-lama di sekolah.

“Suasana sekolah jadi terasa semakin adem dengan adanya taman gantung ini. Kami jadi semakin semangat belajar,” paparnya semangat.

Sementara itu, Kepala SMP Dafi Basuki Rakhmad menegaskan bahwa Dafi akan selalu menggagas program pendidikan cinta lingkungan. Hal itu menurutnya memang sesuai dengan visi misi Dafi.

“Visi misi kami adalah mewujudkan generasi ulama dan pemimpin yang berkarakter, berprestasi, hafal Al Quran dan cinta lingkungan,” tegasnya. (isa/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar