Gaya Hidup

Semarak 750 Tahun Sumenep, Gelar Fragmen Penyambutan Arya Wiraraja

Semarak 750 tahun Sumenep di depan Masjid Jamik

Sumenep (beritajatim.com) – Menyambut Hari Jadi ke-750 tahun Kabupaten Sumenep, digelar Pawai Budaya dan fragmen penyambutan Arya Wiraraja setelah dilantik sebagai adipati pertama Sumenep, Minggu (27/10/2019).

Acara yang digelar di depan Masjid Jamik Sumenep tersebut melibatkan ratusan penari yang mengusung tarian kolosal dan drama musikal yang mengisahkan tentang dukungan dan penyambutan terhadap Arya Wiraraja.

Dikisahkan bahwa Arya Wiraraja dilantik sebagai adipati pada usia 37 tahun. Setelah itu, Arya Wiraraja bersilaturahmi ke beberapa kerajaan di Nusantara. Kemudian kembali ke Sumenep disambut masyarakat dengan riang gembira, membawa persembahan hasil bumi. Selain itu, kedatangan adipati pertama ini juga disambut tari muang sangkal yang berarti menolak balak.

“Semarak hari jadi tahun ini memang kami kemas berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pelaksanaannya pun di malam hari, tidak siang hari seperti tahun-tahun lalu,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), Carto.

Acara bertajuk ‘Sumenep Rumah Kita’ juga menampilkan 200-an pemusik hadrah, lebih dari 200 penari, 180 penampil drama kisah Sumenep Rumah Kita, penampilan musik tradisional saronen berjumlah 20 group, tari topeng, kirab 750 empu keris, termasuk 200-an penari Muang Sangkal.

Selain Semarak Hari Jadi, pada 31 Oktober 2019 nanti akan dilaksanakan Upacara dan Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-750 Sumenep. ‚ÄúPada pelaksanaan upacara nanti, para pejabat akan menggunakan seragam adat Sumenep dan menggunakan bahasa Madura,” ucap Carto. (tem/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar