Gaya Hidup

Selain Tilik, Ini Film Pendek Lainnya yang Bisa Ditonton di Youtube

Surabaya (beritajatim.com) – Film pendek berjudul ‘Tilik’ benar-benar viral. Film garapan Wahyu Agung Prasetyo tersebut mendapatkan banyak apresiasi dan antusias penonton. Pemeran Bu Tejo sebagai bintang utama juga menjadi perbincangan yang tak putus-putus. Aktingnya sanggup mengaduk-aduk emosi penonton.

Film yang diproduksi Ravacana Films bersama Dinas Kebudayaan DIY itu menceritakan tentang perjalanan sekumpulan ibu-ibu kampung menjenguk Ibu Lurah yang dirawat di rumah sakit. Rombongan ibu-ibu ini naik truk saat perjalanan ke rumah sakit. Nah, dialog di atas truk itulah menjadi sajian utama film yang pernah meraih Piala Maya 2018 ini. Ibu-ibu melakukan ghibah berjamaah.

Selain Tilik, ada beberapa film pendek Indonesia lain yang tidak kalah menarik untuk ditonton melalui youtube. Juga kita bisa mengapresiasi sineas Indonesia yang karyanya tidak kalah keren dari sineas luar. Yuk isi akhir pekan dengan film-film pendek menarik di list dan review singkat dari beritajatim.com.

• Lemantun (2014)
Film pendek berdurasi 21.40 detik ini merupakan garapan sutradara Wregas Bhanuteja yang menyajikan suguhan cerita keluarga yang sejuk serta lengkap dengan bahasa jawa halusnya. Lemantun (bahasa jawa halus dari Lemari) ini menceritakan tentang seorang ibu yang membagikan 5 lemari sederhana kepada 5 anak anaknya. Cerita sederhana namun mendalam ini bisa jadi refleksi menarik tentang kehidupan dan kasih sayang orang tua.

• Prenjak (2016)
Masih dari besutan Wregas Bhanuteja, film ini juga cukup gempar di masanya, pasalnya Prenjak berhasil meraih kategori Semaine de la Critique Festival Film Cannes 2016. Mungkin film pendek ini menarik perhatian karena cukilan sisi seksualitas diangkat dengan begitu epic, tapi kita bisa menonton ulang film ini dan meninggalkan euforia prestasinya saat itu, kemudian kita akan masuk ke ruang getir dan satirnya kehidupan.

• Something Old, New, Borrowed and Blue (2019)
Judulnya yang mentereng sepertinya memang harus ada untuk mewakili setiap hal dari film pendek berdurasi sekitar 3 menit ini. Pasalnya dengan durasi yang biasanya hanya menjadi durasi teaser film ini, film ini cukup dalam menceritakan perbedaan peran laki laki dan perempuan dalam pernikahan dari kisah seorang ibu dan anaknya dalam percakapan sesaat sebelum ijab kabul anaknya selesai diucapkan. Singkat padat dan mendalam, persis seperti judulnya.

• Grave Torture (2016)
Film besutan Joko Anwar menawarkan sensasi horor yang bisa membuat penonton nya deg deg an dan ikut pusing ketakutan, karena di film pendek ini seperti judulnya menceritakan siksa kubur. Tidak seperti cerita siksa kubur biasa kita dengar, tapi lebih seram karena dikisahkan anak dari yang pria meninggal itu tidak sengaja terkubur bersama di peti mati sang ayah dan melihat siksa kubur yang dialami ayahnya. Mengerikan bukan?

• Anak Lanang (2017)
Wregas Bhanuteja memang dikenal dengan garapan yang realis dari cuplikan kehidupan sehari hari, kali ini melalui Film berdurasi kurang lebih 15 menit ini, Wregas menyajikan percakapan 4 anak laki-laki yang sedang naik becak bersama dalam perjalanan pulang sekolah. Film ini menampilkan one take shoot dari 4 anak yang harusnya cukup sulit. Tuturan anak anak yang polos tentang hari ibu dan ibu mereka, menarik untuk bernostalgia bahkan merefleksikan kehidupan kita pada esensi yang murni.

Film pendek di atas bisa jadi teman saat weekend, terlebih semuanya bisa ditonton secara gratis di youtube. Yuk terus dukung sineas Indonesia memberikan karya terbaik mereka. [adg/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar