Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Sedapnya Kelan Sembilang, Menu Khas Tak Boleh Terlewat dari Daftar Kulineran di Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Bagi penggemar menu berbasis ikan, Asam Pedas Ikan Sembilang atau lebih dikenal Kelan Sembilang tidak boleh terlewat dari daftar kulineran saat berada Gresik. Menu satu ini menawarkan sensasi rasa yang mantap, perpaduan gurih ikan laut dengan kuatnya bumbu rempah berkuah.

Ikan Sembilang dikenal dengan teksturnya yang lembut. Racikan bumbu rempah menjadi paduan yang pas untuk menggugah selera makan. Terlebih saat disantap di tengah hamparan sawah pedesaan, rasanya jadi semakin lengkap.

Salah satu kedai makan yang menyajikan Kelan Sembilang adalah Pawon Hartatik yang berlokasi di Desa Sungunlegowo, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. Meski di pelosok, kedai ini tidak pernah sepi pembeli.

Pemilik Pawon Hartatik, Sri Hartatik, mengakui sudah banyak pelanggan yang kenal dengan sajian khas Gresik ini. Bahkan langganan Sri datang dari berbagai daerah.

“Warga yang datang tidak hanya berasal dari Gresik, luar kota juga ada yang datang hanya untuk mencicipi kuliner Kelan Sembilang,” tuturnya, Senin (27/06/2022).

Menurut Sri, Kelan Sembilang jadi menu yang paling banyak dicari pelanggannya. Meski dia menyajikan menu lain, tetap saja pelanggan mencari menu berkuah satu ini.

Usaha yang didirikan Sri ini baru berjalan dua tahun. Meski begitu, masakannya sudah tenar hingga ke luar Gresik.

“Setiap hari menghabiskan ikan sembilang mencapai 20 sampai 25 kilogram. Belum di akhir pekan, bisa melonjak dua kali lipat mencapai 40 sampai 50 kilogram,” ujarnya.

Sejumlah pecinta kuliner rela datang jauh-jauh hanya demi mencicipi Kelan Sembilang. Rasanya yang khas sukses membuat banyak orang penasaran.

Seperti dituturkan Willy Abraham asal Pasuruan. Dia sengaja datang ke Pawon Hartatik hanya untuk menikmati Kelan Sembilang.

“Aroma asam dan pedas dipadu dengan daging ikan sembilang yang lembut, serta aroma belimbing wuluh menimbulkan sensasi kelezatan yang berbeda karena tidak dimiliki jenis ikan laut lainnya,” katanya.

Satu porsi harga ikan sembilang badan tengah ikan dibanderol Rp25 ribu hingga Rp30 ribu. Sementara kepala dihargai Rp50 ribu hingga Rp80 ribu tergantung ukuran. [dny/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar