Gaya Hidup

Pandemi Covid-19

Satwa Maharani Zoo dan Goa Lamongan Butuh Uluran Tangan

Lamongan (beritajatim.com) – Selama Pandemi Covid-19 berlangsung hingga diberlakukannya PPKM, hal itu sangat berdampak terhadap sejumlah sektor, tak terkecuali sektor wisata.
Salah satu wisata yang terdampak adalah tempat wisata yang berada di kecamatan Paciran Lamongan, Maharani Zoo dan Goa.
Sudah beberapa bulan ini, Maharani Zoo dan Goa Paciran telah ditutup demi mencegah penularan Covid-19 yang masih mewabah. Sehingga hal itu tidak hanya membuat para penjual yang berada di lingkungan tempat wisata tersebut berada di kondisi sulit, tetapi juga membuat koleksi satwa yang ada di dalamnya harus menghadapi kondisi yang kritis.
Berkaca dari kondisi yang sulit tersebut, pihak pengelola Maharani Zoo dan Goa pun mengaku tidak memiliki pemasukan sama sekali. Sementara itu, biaya operasional yang harus tetap dikeluarkan oleh pengelola untuk perawatan, pemeliharaan, dan pakan satwa tidaklah murah.
“Sejak PPKM diberlakukan, kami sama sekali tidak ada pemasukan, sehingga untuk perawatan dan pakan satwa kami kesulitan,” ujar Koordinator Marketing Maharani Zoo dan Goa Lamongan, Juli Tri Wahyuningtyas, Kamis (2/9/2021).
Lebih lanjut, Juli menyebutkan, bahwa saat ini di Maharani Zoo dan Goa terdapat kurang lebih 900 satwa yang harus dijaga keberlangsungan hidupnya. “Oleh karena itu, biaya untuk pakan saja sekitar Rp 200 juta per bulan. Belum termasuk biaya untuk obat, vitamin dan lain-lain,” sambungnya.
Karena besarnya biaya yang harus ditanggung tanpa adanya pemasukan sama sekali tersebut, Juli membeberkan, bahwa selama ini pihaknya hanya mengandalkan sisa dari dana darurat untuk menutupi biaya pakan dan perawatan satwa di Maharani Zoo dan Goa, itupun menurut Juli jumlahnya sangat terbatas dan semakin menipis seiring dengan berjalannya waktu.
“Sampai saat ini belum ada kepastian tentang kapan wisata ini bisa kembali dibuka. Sejauh ini kita masih ada dana cadangan dan subsidi untuk biaya operasional, tapi seiring dengan berjalannya waktu jumlahnya semakin menipis,” tuturnya.
Atas dasar kondisi sulit yang dialami dan ketidakjelasan kapan wisata bisa kembali dibuka tersebut, oleh karenanya pihak pengelola Maharani Zoo dan Goa sangat membutuhkan partisipasi dan uluran tangan dari masyarakat. Bahkan, saat ini pihak pengelola juga membuka donasi guna membantu kelangsungan hidup satwa yang ada di Maharani Zoo dan Goa.
“Semoga dengan dibukanya donasi ini dapat membantu kelangsungan hidup satwa yang ada di Maharani Zoo dan Goa Lamongan. Semoga banyak pihak yang turut peduli dengan nasib satwa tersebut,” pungkas Juli.
Lebih rinci terkait donasi yang akan disalurkan untuk sejumlah satwa Maharani Zoo dan Goa Lamongan itu, imbuh Juli, dapat disalurkan melalui rekening atas nama PT Bumi Lamongan Sejati, yakni untuk bank BNI melalui nomor rekening 0148888804, Bank Jatim 0281002228, BCA 3300525554, dan BRI 004101001448300.[riq/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar