Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Satwa Eksotis Ramaikan Pameran dan Kontes Hewan Kesayangan di Lamongan

Kegiatan pameran dan kontes hewan kesayangan yang digelar di Alun-alun Lamongan, Minggu (22/5/2022).

Lamongan (beritajatim.com) – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Pemkab Lamongan menggelar kegiatan ekspo dan kontes hewan kesayangan untuk pertama kalinya di Lamongan, bertempat di Alun-alun Kota Lamongan, Minggu (22/5/2022).

Menurut Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, acara ini digelar dalam rangka peringatan Hari Jadi Lamongan (HJL) ke-453. Mengingat bahwa peternakan merupakan salah satu sektor unggulan dan mempunyai potensi yang besar untuk terus dikembangkan di Kota Soto ini.

Potensi itu tidak hanya ternak berupa sapi, kambing, unggas, dan domba, namun Lamongan juga memiliki banyak potensi dari komoditas hewan kesayangan seperti kucing, anjing, maupun satwa eksotis seperti reptil dan ayam hias.

Kegiatan pameran dan kontes hewan kesayangan yang digelar di Alun-alun Lamongan, Minggu (22/5/2022).

“Ini merupakan ekspo dan kontes hewan pertama yang digelar oleh Pemkab Lamongan. Ternyata banyak sekali komunitas-komunitas baik hewan kesayangan maupun satwa eksotis. Ini menunjukkan bahwa Lamongan mempunyai potensi yang sangat luar biasa terhadap masalah-masalah hewan kesayangan,” ujarnya.

Bupati yang akrab disapa Bupati YES ini menambahkan, pihaknya akan mewadahi berbagai potensi yang ada. Ia berharap, nantinya kegiatan semacam ini akan lebih sempurna dan maksimal lagi.

Kegiatan pameran dan kontes hewan kesayangan yang digelar di Alun-alun Lamongan, Minggu (22/5/2022).

Sementara itu Kepala Disnakeswan Lamongan Moch Wahyudi menyampaikan, dalam kegiatan ini terdapat pameran peternakan berupa pakan dan obat ternak, olahan pangan asal ternak, produk RPH (Rumah Pemotongan Hewan), uji keamanan pangan, pupuk organik produksi kelompok binaan, hingga peralatan IB/Bank Sperma Sapi.

Tak cukup itu, juga terdapat pameran reptil berupa 4 ular, 2 biawak, 2 iguana, gecko (tokek), cameleon, dan kura-kura. Bahkan juga pameran unggas yakni 6 ekor ayam serama, 6 ayam bangkok ekor lidi, 6 ayam mutiara, 2 ayam brahma, serta 6 merpati hias.

“Ada juga pameran yang diikuti 10 kucing dengan jenis maincoon, bengal, persian, scottish fold, genetta, domestik, dan mix breed. Bahkan ada 10 merpati balap, 4 ayam kate, dan 2 golden p lady,” sebutnya.

Selain pameran atau ekspo, lanjut Wahyudi, pada kesempatan ini juga digelar kontes reptil yang diikuti oleh 90 ekor reptil, dengan kategori kontes open salvator SVL <25 cm dan SVL >25 cm, lalu open green and red iguana <15 cm, open green dan red iguana >15 cm, open lizard, open colubrid, open retic normal, serta grand champion.

Oleh sebab itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momen ini guna menunjukkan bahwa Lamongan memiliki potensi yang besar di bidang hewan kesayangan. “Semula kuotanya cuman 100 ekor, tapi ternyata yang datang lebih,” sambungnya.

Selain menggelar ekspo dan kontes hewan, Wahyudi mengatakan, dalam acara ini juga dilaksanakan pameran produk dan posyandu kucing yang meliputi pemeriksaan kesehatan hewan, pemberian vitamin, serta pengobatan.

“Di sini juga kita siapkan ada pemeriksaan khususnya kucing, ada sekitar 20 dokter hewan yang akan standby di sini sampai nanti sore. Silahkan masyarakat yang mempunyai hewan-hewan kesayangan khususnya kucing bisa memanfaatkan momen ini dengan baik,” pungkasnya. [riq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar