Gaya Hidup

Sahabat SuperAdventure Bersama Semanggi Alas Hijaukan Bukit Krapyak Mojokerto

Persiapan para pecinta alam di basecamp Semanggi Alas Surabaya bersama para sahabat SuperAdventure. FOTO /istimewa

Surabaya (beritajatim.com) –  Sahabat SuperAdventure Surabaya berkolaborasi dengan komunitas Semanggi Alas akan menggelar kegiatan penghijauan di Bukit Krapyak, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur, akhir pekan ini 7-8 Maret.

Kegiatan yang akan melibatkan ratusan pecinta alam atau para petualang ini merupakan bagian dari anniversary kedua Semanggi Alas, sebuah komunitas pecinta alam yang berdomisili di Surabaya ini.

Roky Yulmezak, pembina komunitas Semanggi Alas menjelaskan, sampai saat ini sudah ada sekitar 300 komunitas yang akan hadir dalam acara yang berlangsung selama dua malam itu.

“Pada acara tahun lalu itu sekitar 200 komunitas yang kami undang dan hadir,” kata Roky saat ditemui di basecamp Semanggi Alas di jalan Wonokitri Besar 45B Surabaya bersama para sahabat SuperAdventure Surabaya, Jumat (6/3/2020).

Bahkan saat penyelenggaraan tahun pertama dulu, jumlah yang datang membludak melebihi target.

Growak, demikian Roky biasa dipanggil, mengatakan bahwa setiap komunitas pecinta alam bebas mengirimkan jumlah petualangnya. Jadi apabila setiap komunitas (300 komunitas) mengirimkan tiga hingga lima orang pecinta alam atau petualang, maka bakal ada sekitar seribu lebih petualang yang meramaikan acara kamp dua malam tersebut.

“Para petualang yang bakal hadir bukan hanya dari daerah Jawa Timur, namun juga dari Jawa Tengah. Seperti dari Boyolali,” imbuhnya diamini sahabat SuperAdventure Surabaya.

Sejumlah agenda sudah disiapkan komunitas Semanggi Alas. Selain penghijauan dan kemping bersama, peserta akan diajak ngobrol bareng seorang petualang legendaris. “Namanya ibu pendaki, beliau seorang perempuan yang sudah berumur 67 tahun. Beliau sudah banyak menaklukkan gunung dan sangat peduli dengan lingkungan,” katanya.

Affan Haris Shofwanadi dari sahabat SuperAdventure Surabaya mengaku gembira dapat berkolaborasi dengan komunitas Semanggi Alas untuk menghijaukan bukit Krapyak dengan cara menanam pohon.

“Kami sudah bersahabat cukup lama dengan komunitas Semanggi Alas. Kami juga melihat kecintaan Komunitas Semanggi Alas ke alam itu sangat nyata, jadi bukan kaleng kaleng,” kata pentolan Superadventure Surabaya ini. Berbagai kegiatan komunitas ini juga disebutnya sangat positif. “Mereka juga selalu memberikan contoh yang positif,” urainya.

Berbagai kegiatan komunitas Semanggi Alas selama ini sangat positif, seperti aksi mencabut paku di sejumlah pohon perindang di Surabaya yang dilakukan secara rutin. Kemudian aksi kolaborasi dengan sejumlah pihak untuk lingkungan dan dengan para petualang atau pecinta alam.

Komunitas Semanggi Alas yang berkolaborasi dengan Sahabat SuperAdventure Surabaya sendiri selama ini memiliki banyak program yang terkait dengan alam dan lingkungan. Kegiatan yang melibatkan para pecinta alam ini juga menjadi bagian untuk memperkuat rasa persaudaraan dan bentuk mencintai Indonesia.

Di wilayah Jawa Timur banyak destinasi super yang sangat menawan untuk dijelajahi. Komunitas Semanggi Alas dan sahabat SuperAdventure Surabaya juga terus menjadi bagian dari alam.(ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar