Gaya Hidup

Saat Mengalami Nyeri Haid, Lakukan Hal Ini untuk Mengatasinya

Pexels

Surabaya (beritajatim.com) – PMS Juga dikenal sebagai sindrom pramenstruasi, PMS mempengaruhi 90 persen wanita yang sedang menstruasi. PMS dimulai beberapa hari sebelum menstruasi Anda dimulai dan berlanjut hingga hari pertama atau kedua menstruasi. Dokter berpendapat bahwa PMS disebabkan oleh penurunan kadar estrogen dan progesteron sebelum awal setiap periode.

PMS memiliki banyak gejala termasuk kelelahan, lekas marah dan kram menstruasi. Berurusan dengan kram setiap bulan bisa membuat frustasi sekaligus menyakitkan. Untungnya, ada banyak solusi yang dapat membantu Anda meredakan kram menstruasi. Penting untuk diingat bahwa teknik ini tidak akan selalu berhasil, terutama untuk kondisi kronis, tetapi teknik ini dapat meredakan nyeri haid ringan hingga sedang.

Bagi anda yang merasakan kram menstruasi yang ringan atau sedang, anda bisa menggunakan cara ini untuk meredakannya. Yuk Simak!

1. Minum lebih banyak air

Merasa kembung dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan memperburuk kram menstruasi. Minum air putih dapat mengurangi kembung selama menstruasi dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya. Juga, minum air panas dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh Anda dan mengendurkan otot-otot Anda. Ini dapat mengurangi kram yang disebabkan oleh kontraksi rahim.

2. Nikmati teh herbal

Teh herbal memiliki sifat anti-inflamasi dan senyawa antispasmodik yang dapat mengurangi kejang otot di rahim yang menyebabkan kram. Minum teh chamomile, adas atau jahe adalah cara alami yang mudah untuk meredakan kram menstruasi. Plus, teh herbal dapat memiliki manfaat lain seperti menghilangkan stres dan membantu mengatasi insomnia.

3. Makan makanan anti inflamasi

Beberapa makanan dapat meredakan dengan cara alami untuk kram dan rasanya enak. Makanan anti-inflamasi dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan rahim Anda. Cobalah makan buah beri, tomat, nanas, dan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, atau bawang putih. Sayuran berdaun hijau, almond, walnut, dan ikan berlemak, seperti salmon, juga dapat membantu mengurangi peradangan.

4. Hindari makanan ini

Sementara brownies atau kentang goreng mungkin terdengar lezat, makanan tinggi gula, lemak trans, dan garam dapat menyebabkan kembung dan peradangan, yang membuat nyeri otot dan kram semakin parah. Ambil pisang atau buah lain untuk melawan keinginan mengidam gula, atau pilih kacang tawar jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih gurih. [rad/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar