Gaya Hidup

Ruwat Sumber Pertirtaan Jolotundo, Warga Perebutkan 3 Gunungan Hasil Bumi

Warga memperebutkan tiga gunungan di Pertirtan Jolotundo. [Foto : misti/beritajatim]

Mojokerto (beritajatim.com) – Warga Dusun Biting, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto berebut tiga gunungan berisi hasil bumi dan jajanan tradisional. Tiga buah gunungan tersebut dalam rangka ruwat Sumber Pertirtaan Jolotundo digelar warga Dusun Biting, Desa Seloliman.

Tiga gunungan dengan tinggi mencapai 2 meter diisi aneka hasil bumi dan jajanan tradisional. Tak lupa, berbagai cemilan modern seperti keripik kentang, nasi ayam geprek dan lain sebagainya, juga menghiasi tiga gunungan yang disusun oleh masyarakat setempat.

Sebelum diperebutkan warga, tiga gunungan tumpeng didoakan di atas panggung sebagai rasa syukur atas hasil bumi dan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT kepada masyarakat setempat melimpah. Usai didoakan, tiga tumpeng diperebutkan masyarakat yang sudah menunggu.

Pemangku budaya yang juga menjabat sebagai Kabag Ops Polres Kabupaten Mojokerto, Kompol Tri Sujoko mengatakan, kegiatan tersebut juga dalam rangka menyambut bulan Suro 2019. “Tiga gunungan tersebut merupakan kreasi dari masyarakat setempat,” ungkapnya, Minggu (8/9/2019).

Selain adanya manfaat air, lanjut Kompol Tri Sujoko, tanah yang subur juga ikut menunjang hasil panen masyarakat yang melimpah ruah. Menurutnya, tanpa adanya gunung yang subur serta aliran air, hasil bumi yang didapat tidak akan memuaskan sehingga kegiatan tersebut sebagai bentuk rasa syukur. [tin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar