Gaya Hidup

Rutin Konsumsi Jus Ini Dapat Menangkal Beragam Jenis Penyakit

Ylanite Koppens, Pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Sayur dan buah-buahan memiliki beragam kandungan yang baik bagi kesehatan, seperti mineral, vitamin, serat dan lainnya. Tak ayal jika mengonsumsi makan-makanan seperti alami ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Terlebih pada masa-masa pandemi sekaligus pergantian musim seperti saat ini. Rutin mengonsumsi buah dan sayur tentu sangat disarankan. Namun, jika enggan memakannya secara langsung karena teksturnya yang mungkin terlalu keras. Maka buah dan sayur tersebut bisa dijadikan sebagai minuman atau jus.

Mengonsumsi buah-buahan seperti strawberry dan blueberry memang tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Jenis buah berry ini dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh. Menurut penelitian, dua buah strawberry mengandung sedikitnya 59 mg vitamin C.

Hal ini dirasa cukup tinggi terlebih asupan vitamin C yang dianjurkan untuk perempuan hanya 75 mg dan 90 mg untuk laki-laki.

Selain kaya akan vitamin, jus berry juga kaya akan kandungan antioksidannya. Tak ayal jika seseorang rutin mengonsumsi ini dapat membuat badan lebih fit dan tidak mudah terserang penyakit.

Bagi yang tidak terlalu suka dengan cita rasa strawberry yang sedikit masam, mungkin bisa ditambahkan dengan buah lain yang memiliki rasa lebih manis, seperti apel ataupun lainnya.

Setelah ditambahkan air kurang lebih 200 ml, baru kemudian diblender. Dalam memblender jus buah atau sayur ini disarankan untuk tidak terlalu lama. Karena dikhawatirkan pisau blender yang panas dapat merusak kandungan baik dalam minuman tersebut.

Setelah selesai, jus yang telah dibuat tersebut hendaknya segera diminum. Karena jika terlalu lama memungkinkan minuman tersebut teroksidasi hingga membuat kandungan baik di dalamnya menjadi berkurang. Tak ayal jika tidak dapat memberikan manfaat secara maksimal.

Hal lain yang perlu diperhatikan ialah kurangi penambahan gula atau bahan pemanis maupun pewarna. Terlebih jika memang ingin mendapatkan khasiat alami dari jus tersebut. [fyi/esd]

Apa Reaksi Anda?

Komentar