Gaya Hidup

Rumah Penuh Moge Antik, Dikoleksi Sejak 1989

Bojonegoro (beritajatim.com) – Hananto Utomo (51) sejak 1989 mulai mengoleksi berbagai macam motor gede (moge). Meski mengaku koleksi motor antik yang dimilikinya sudah banyak yang dijual, namun di rumah masih penuh. Kini koleksi moge antik itu terkumpul sekitar 40 unit dari berbagai negara.

Menurutnya, mengoleksi moge antik ini menjadi kepuasan sendiri. Dari yang paling tua, motor antik yang dikoleksinya merupakan keluaran tahun 1956 jenis DKW Union 125 CC keluaran Jerman. Motor tersebut diperoleh dari Bojonegoro. Merupakan milik seorang Cina. Kondisinya mogok dan terbengkalai di gudang.

“Motor lawas itu sudah berada di gudang tembakau. Motornya dongkrok tidak jalan. Saya beli harga Rp500 ribu. Sebelum tahun 90an,” ujarnya, Jumat (12/7/2019).

Selain mengoleksi, dia juga gabung bersama komunitas motor antik dari Surabaya. Dari situ pula dia mengaku bahwa kepuasan dalam mengoleksi moge semakin kuat. Dari komunitas tersebut, koleksinya semakin bertambah banyak. “Tapi untuk motor yang masih mudah di dapat banyak saya jual,” ungkapnya.

Warga Jalan Kolonel Sugiono, Desa Sukorejo, Kabupaten Bojonegoro itu sudah gabung dengan komunitas motor antik sejak 1989. Kemudian dia kembali pulang ke Bojonegoro pada tahun 1993. Hobi mengumpulkan moge antik itu masih dilakukan. Hanya saja, awalnya yang dilakukan dengan hunting berkeliling.

Pengumpulan motor antik dilakukan dengan touring bersama komunitasnya. Dia mengaku sudah pernah ke Makassar, Manado, Banjarmasin, Aceh, Bali, Bandung, Lampung dan Jakarta menggunakan motor antik. Kini, untuk mendapatkan motor antik lebih mudah dengan memanfaatkan teknologi komunikasi.

“Dulu memang berkeliling untuk hunting motor antik, sekarang lebih mudah karena teknologi. Apalagi sekarang jamannya sudah online jadi mudah mencari onderdil,” ungkapnya.

Sementara diketahui, koleksi motor yang dimiliki diantaranya, jenis Norton, BMW, Trayem, BSA keluaran Inggris, kemudian Suzuki B120, Yamaha YAS1, dan Yamaha RX Twins. [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar