Gaya Hidup

Ribuan Ikan dari Penjuru Nusantara Ikuti Kediri Koi Show Bupati Cup

Kediri (beritajatim.com) – Ratusan pembudidaya ikan koi dari berbagai kota di seluruh penjuru Nusantara hadir dalam kegiatan Kediri Koi Show Bupati Cup ke-9 di Gedung Convention Hall Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Kontes berskala Nasional ini digelar oleh Komunitas Pecinta Koi, Kediri Koi Club.

Dengan membawa serta ikan – ikan andalannya, yang memiliki keindahan corak, motif dan bentuk, mereka turut serta dalam gelaran kontes koi dalam rangka perayaan Hari Jadi Kabupaten Kediri yang ke 1217.

Dalam gelaran rutin setiap tahun ini, sedikitnya 400 hingga 500 orang peserta dengan jumlah ikan koi sebanyak lebih dari 2.500 berbagai jenis seperti, koi showa sanshoku, kohaku, tancho, asagi, shusui m, bekko, doitsu, koromo, gosshiki, hikari, mujimono, hi ki utsurimono dan kinginrin beradu cantik di lomba yang dibagi menjadi 20 kategori ini.

Agung Wibowo, Ketua Panitia mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas ikan koi di Kabupaten Kediri. Karena, Kabupaten Kediri sendiri, khususnya Kecamatan Plosoklaten merupakan salah satu penghasil ikan koi.

“Ada beberapa hal yang dinilai dalam kompetisi ini antara lain kualitas warna, body, juga pola corak. Untuk teknisnya, ikan dikelompokkan sesuai jenis dan ukuran untuk kemudian dinilai,” kata Agung Wibowo.

Panitia membatasi ikan yang bisa dilombakan dengan ukuran 15 – 65 cm dan dalam proses penilaian, terdapat 12 dewan juri yang dihadirkan untuk menyeleksi ikan-ikan yang datang dari seluruh Indonesia.

Saat ini tren ikan yang menjadi favorit adalah kelas gosanke, yakni kohaku, sanke dan showa. Pasalnya ikan jenis ini memiliki warna lebih indah dan prospek pasar tinggi.

Agung Wibowo menambahkan, kompetisi seperti ini sangat vital dalam mendorong pertumbuhan usaha masyarakat karena pandemi yang berkepanjangan telah memukul hampir seluruh usaha rakyat.

Maka jika tak segera dipulihkan, perekonomian masyarakat akan sangat terpuruk, karena itu pihaknya berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kediri yang telah memberikan ijin kegiatan. [nm/ted].



Apa Reaksi Anda?

Komentar