Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Peringatan Hari Bakti Rimbawan

Ribuan Bibit Pohon Ditanam CDK Nganjuk di Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebanyak 2.200 bibit pohon ditanam Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Nganjuk di Waduk Tanjungan, Dusun Tanjungan, Desa Tanjungan, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Rabu (16/3/2022). Kegiatan penanaman pohon dalam peringatan Hari Bakti Rimbawan Tahun 2022.

Aksi penanaman pohon ini diikuti oleh 50 peserta mulai dari masyarakat, petani hutan, komunitas, OPD, Aparat Penegak Hukum (APH) dan perangkat daerah. Aksi penanaman ribuan pohon ini mengusung tema Rimbawan Menjaga Lingkungan, Menyukseskan Presidensi G20 Indonesia.

Korwil CDK Nganjuk, Rohadi Wahyuntono mengatakan, jika kegiatan penanaman pohon tersebut dalam upaya konservasi alam di wilayah Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto. Kecamatan Kemlagi sendiri notabene memiliki areal hutan produksi dan hutan lindung dengan kontur perbukitan kapur.


“Kalau ada kegiatan menanam, kami sediakan. Kami bekerjasama dengan DAS Brantas, berapapun bibit yang ditanam kalau berhubungan dengan konservasi, pasti kita beli. Begitu juga dengan bambu, kita akan mendukung segala kegiatan konservasi di cakupan wilayah CDK Nganjuk,” ungkapnya.

Yakni Nganjuk, Jombang dan Mojokerto. Masih kata Rohadi, penanaman pohon tersebut sebagai upaya untuk menjaga keseimbangan ekosistem alam karena tidak bisa dipungkiri kebutuhan hidup manusia tidak terlepas dari tanaman. Namun harus ada keseimbangan antara yang ditanam dan yang ditebang.

“Kita tidak ingin seperti kejadian beberapa hari lalu di Ngusikan, banjir sampai 3 hari. Itu semua juga bermula dari atas yang saat ini banyak lahan-lahan yang gundul. Kita arahkan daerah di Kecamatan Kemlagi ini kita imbang-kan antara penanaman dan penebangan,” pungkasnya.

CDK Nganjuk memberikan ribuan bibit untuk KTH Wono Lestari, Desa Tanjungan, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto. Ribuan bibit tersebut yakni sebanyak 800 bibit mahoni, 400 bibit aren, 150 bibit bendo, 450 bibit sukun, dan 400 bibit matoa. [tin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar