Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Resep Jitu Racikan Umpan Pancing untuk Lomba dan Harian

Seorang pemancing atau lady angler, Rifha Atmaja menunjukkan hasil pancingannya

Jombang (beritajatim.com) – Salah satu faktor penting dalam memancing adalah umpan. Namun dalam kondisi cuaca ekstrim seperti ini merupakan cobaan berat bagi pemancing. Pasalnya, ikan tersebut agak susah makan. Baik dalam event memancing (perlombaan) maupun harian.

Itu karena air kolam bercampur dengan air hujan. Sehingga PH air (kadar asam basa) berubah-ubah. Dalam kondisi itu, letak zona nyaman bagi ikan berada di kedalaman air, karena suhu belum stabil. “Namun sebenarnya, hal itu bisa kita siasati,” kata Kausar MD, pemancing profesional, Rabu (8/12/2021).

Kausar yang juga owner (pemilik) nutrisi umpan pancing ‘Protein Powder’ ini kemudian mengulas tentang racikan umpan bernutrisi tinggi dan tips mengatasi permasalahan di kolam dalam kondisi perubahan musim. Dari panas ke musim penghujan.

“Teknik dan skill sangat mempengaruhi. Juga setelan pelampung, rangkaian pancing, serta bentuk dan tekstur umpan. Kemudian racikan umpan harus berbeda dari biasanya. Termasuk essense, aroma pancing yang diyakini untuk mendapatkan hasil pancingan maksimal,” urainya.

Berikut racikan umpan pancing yang jitu di segala medan:

  • Protein Powder 65 gram
  • Tepung Ketan 75 gram
  • Teoung Beras 50 gram
  • Tepung Maizena 50 gram
  • Teoung Hongkwe 20 gram
  • Bubur SUN Bayi 15 gram
  • 1 Sachet Energen disaring halus diambil yang lembut
  • Susu SGM 0-6 85 gram

Bahan-bahan tersebut diaduk hingga merata lalu taruh wadah. Kemudian tinggal ambil per 30 gram untuk racikan. Bisa ditambahkan kara, putih telur, kroto dan amisan ikan tuna. Untuk pemakaian essense Maxpro bisa 1 sampai 7 tetes ke umpan.

“Untuk membuat bom atau bandul pengumpul ikan kita bisa menggunakan protein powder dengan perbandingan 30% : 70% untuk pellet kita aduk rata. Tuangkan air secukupnya dan teteskan essense Maxpro antara 3 hingga 7 tetes. Aduk bersama campuran pellet tadi sampai mudah untuk membentuknya sebagai bandul,” jelas Ucang, panggilan akrab Kausar MD.

“Usahakan memancing di satu titik yang sudah kita kasih bom tadi. Usahakan juga di tengah antara lapak kita. Jangan terlalu jauh, sehingga kita mudah melihat pelampung yang sudah kita pasang,” pungkas Ucang. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati