Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Reog Ponorogo Pukau Pengunjung Tong-tong Fair di Belanda

Ponorogo (beritajatim.com) – Reog Ponorogo go international. Ya belasan seniman Reog asal Ponorogo beberapa hari lalu bertolak ke benua Eropa.

Kepergian mereka ke benua biru itu menjadi misi duta budaya. Memperkenalkan tarian tradisional dari Ponorogo ke beberapa negara di Eropa. Rencananya Reog Ponorogo bakal tampil di 4 negara, yakni Belanda, Belgia, Prancis dan Jerman.

Reog Ponorogo pertama tampil di negara Belanda, dalam event kebudayaan Indonesia terbesar di negara Kincir Angin tersebut. Yakni event Tong-Tong Fair ke-62 pada Jum’at (9/9) malam kemarin.

Berdasarkan rilis tertulis yang diterima oleh beritajatim.com, penampilan Reog Ponorogo telah dinantikan kehadirannya oleh ribuan warga Belanda dan diaspora Indonesia di Belanda.

Ini merupakan kali pertama Tong-Tong Fair menghadirkan seni tari topeng terbesar di dunia itu. Hal itu dilakukan supaya kesenian Repg Ponorogo lebih dekat kepada masyarakat Belanda.

Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Belanda, Mayerfas menyebut, ribuan pengunjung rela antre membeli tiket untuk masuk ke event berkonsep pasar malam ala Indonesia itu.

“Karena memang Reog Ponorogo salah satu yang unik ya, dan orang-orang Belanda yang dulu itu, sudah banyak yang tahu Reog. Sehingga mereka datang ke event Tong-tong Fair untuk menyaksikan Reog Ponorogo,” terang Mayerfas.

Pria yang juga beristrikan perempuan asli Ponorogo ini, mengaku senang dengan kehadiran Reog Ponorogo. Menurutnya, kesempatan ini bisa menjadi sarana efektif memperkenalkan Reog Ponorogo ke masyarakat dunia khususnya Eropa.

Selain itu kegiatan ini juga membuktikan bahwa Reog Ponorogo layak diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

“Dengan mengenal Reog, maka orang akan mengenal Ponorogo-nya, Jawa Timur-nya, dan tentu saja Indonesianya,” tegasnya.

Dubes Mayerfas pun berterimakasih kepada segenap pihak yang telah membantu suksesnya kehadiran Reog Ponorogo di Tong-Tong Fair kali ini. Ia berharap roadshow Reog Ponorogo di beberapa kota lain di Eropa bisa terlaksana dengan sukses.

“Mudah-mudahan pertunjukan Brussels, Paris, dan Frakfurt juga akan sukses. Reog Ponorogo Goes to Europe, kita bikin masyarakat Eropa tahu Reog Ponorogo,” pungkasnya. [end/beq]

Apa Reaksi Anda?

Komentar