Gaya Hidup

Rawon Kluwek, Kudapan Asli Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Jika mendengar kudapan bernama Rawon, pasti identik dengan Jawa Timur. Namun berbagai variasi racikan setiap daerah berbeda, apalagi tingkat kekentalannya. Satu di antaranya adalah Rawon Kluwek yang ada kawasan Jalan Soekarno-Hatta atau Merr Surabaya.

Seperti menu lainnya, rawon ini juga menggunakan Kluwek, namun tambahan rempah dan bahan pilihan menjadikan kudapan ini beda dengan lainnya. Apalagi rasa gurih kuah dengan irisan dadu daging yang renyah dan empuk membuat sensasi beda.

Yang menarik di kedai rawon ini disajikan oleh para pelayan yang difabel. “Meski pembuatan rawon ini hampir sama pada pembuatan rawon-rawon lainnya, namun di sini punya cita rasa yang khas yakni terkait rempahnya,” kata Anggik, owner Rawon Kluwek.

“Jadi kluwek khas yang kita berikan di rawon ini membuat rasanya pun menjadi lebih khas seperti makanan tradisional yang punya cita rasa rempah nikmat,” tambahnya.

Satu porsi nasi rawon, dengan porsi cukup dengan topping ditaburi tauge segar dan sedikit sambal, rasa yang dihasilkan saat menyantap rawon ini sungguh nikmat. Tempe, taburan bawang goreng dan krupuk bawang yang ada pada rawon ini juga menghasilkan cita rasa kenikmatan tersendiri.

Resto Rawon Kluwek ini menyuguhkan rawon dua varian yakni daging dan ayam, kedua varian itu dihargai sangat murah yakni Rp 15 ribu per porsi. [way/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar