Gaya Hidup

Ratusan Calon Pengantin di Bojonegoro Akad Nikah Hari ini, Malam Sanga Ramadan

foto/ilustrasi

Bojonegoro (beritajatim.com) – Malam Sanga (atau puasa Ramadan ke 29) yang jatuh hari ini menjadi malam istimewa untuk melangsungkan akad nikah. Tradisi menikah di malam Sanga itu sudah menjadi tradisi di Bojonegoro.

Ramadan 1442 Hijriyah/2021 ini ada sebanyak 437 pasangan calon pengantin (catin) yang akan melangsungkan akad nikah. Jumlah tersebut tersebar di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

Kasi Binmas Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bojonegoro M Abdul Hafidz mengatakan, pengajuan akad nikah malam sanga Ramadan 1442 Hijriah kali ini sebanyak 437 pasangan calon pengantin.

Pasangan yang paling banyak berasal dari Kecamatan Baureno. Daerah yang berbatasan dengan wilayah Babat Kabupaten Lamongan itu ada 50 pasangan yang akad hari ini.

“Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaan akad nikah harus menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan,” ujarnya, Senin (10/5/2021).

Dari puluhan calon pengantin yang mengajukan akad nikah pada Malam Sanga itu bisa melangsungkan akad di rumah maupun Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan masing-masing.

Salah satu orang tua yang memilih untuk menikahkan anaknya di Malam Sanga Ramadan 1442 Hijriah adalah Soenandar asal Kecamatan Dander. Dia akan menikahkan anaknya malam ini setelah salat tarawih. “Semoga mendapat berkah di bulan Ramadan ini,” ungkapnya. [lus/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar