Gaya Hidup

Rasa Malas Berkelanjutan? Ikuti Tips-Tips Berikut Agar Hidup Lebih Bersemangat

Andrea, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Tak bisa dipungkiri bahwa setiap orang pasti memiliki sisi rasa malas dalam dirinya. Ini sebenarnya hal yang wajar, asalkan sesuai pada porsinya. Keinginan untuk bersantai dan tidak melakukan apa-apa terkadang membuat orang menjadi tidak produktif. Apabila berlarut-laru, rasa malas lama-kelamaan akan menjadi masalah. Berdiam diri di atas kasur untuk waktu yang lama dengan alasan malas bisa jadi merugikan.

Banyak kegiatan yang akan terhambat karena malas, misalnya pekerjaan yang molor dan di luar deadline, atau menjadi orang yang tidak tepat waktu saat ada janji temu, dan lain-lain. Oleh sebab itu, kita harus membiasakan diri untuk melakukan sesuatu agar rasa malas ini tidak mendarah daging. Berikut kami berikan beberapa tips untuk menghindari rasa malas.

Cari tahu penyebabnya

Agar mendapat solusi yang tepat, kalian harus meresapi apa sebenarnya alasan kalian menjadi malas untuk melakukan sesuatu. Bisa jadi karena kalian bosan denga rutinitas yang monoton, hanya itu-itu saja secara berulang setiap hari. Selain itu, bisa juga karena kalian mulai kehilangan motivasi untuk mengerjakan sesuatu, rasa cemas berlebihan akan hasil yang tidak sesuai harapan, dan kehilangan minat. Perbedaan sebab ini akan membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Cari tau akar permasalahannya dari diri kalian sendiri.

Jangan menunda-nunda

Kebiasaan orang yang malas, adalah seringkali menunda waktu. Misalnya, ada pekerjaan yang menanti, namun karena malas, maka kalian tunda hingga akhirnya keteteran. Hal ini tentu merugikan kan? Lawan rasa malas tersebut, jadikan deadline sebagai acuan karena mau tidak mau kalian harus mengerjakan pekerjaan itu. Motivasi diri kalian sendiri dengan imbalan yang akan di dapat, semisalnya uang bonus, gaji, atau nama baik kalian sendiri.

Atur jadwal

Untuk memudahkan, atur jadwal kegiatan agar kalian tak memiliki kesempatan untuk bermalas-malasan. Catat apa saja yang harus kalian lakukan dari pagi hingga malam saat waktu beristirahat. Jika memang ada begitu banyak pekerjaan, pilih bagian-bagian yang menjadi prioritas, sesuaikan juga dengan waktu agar lebih efisien. Meski begitu, sisihkan juga waktu istirahat untuk diri sendiri, hal ini diperbolehkan asal tidak terlalu lama dan mengganggu jadwal selanjutnya.

Tentukan goals

Dalam mengerjakan sesuatu, tentu kita memiliki target di dalamnya. Seperti target lulus kuliah 3,5 tahun, target membeli rumah pada tahun ini, dan lain-lain. Seseorang yang memiliki targket akan lebih mudah dalam melawan rasa malasnya, karena ia sadar, ada sesuatu yang ingin ia capai. Cobalah untuk menggali apa yang kalian inginkan dan segera tentukan target, hal ini bisa menjadi motivasi dasar kalian.

Suasana baru

Bagi yang sedang melakukan Work From Home (WFH) atau sistem bekerja dari rumah, ciptakan suasana yang baru di rumah. Bekerja di satu tempat mungkin akan membosankan dan menciptakan rasa malas, cobalah untuk bekerja di ruangan selain kamar, atau bisa mungkin di Coffe Shop terdekat yang sepi dan tampak nyaman untuk berkerja ditemani secangkir kopi.

Olahraga

Rasa malas juga bisa timbul karena kalian mulai kehilangan fokus. Olahraga teratur bisa mengembalikan kefokusan kalian. Sempatkan waktu, apabila tidak bisa setiap hari maka pastikan satu kali dalam seminggu kalian bisa berolahraga. Entah itu lari kecil di sekitar perumahan atau work out sendiri yang bisa dilakukan di rumah.

Melakukan hobi

Tidak ada salahnya untuk melakukan sesuatu yang kita suka di sela-sela waktu. Imbangi dengan mengerjakan hobi kita agar hidup tidak terasa monoton. Seperti yang senang memasak, bisa mencoba resep baru makanan kekinian, atau hobi menonton bisa mencoba menonton serial terbaru di layanan streaming. Hal-hal kecil ini bisa membangkitkan semangat kita tanpa kita sadari.

Tidak ada untungnya apabila terus-terus bermalas-malasan, dan yang bisa menyadarkan kita adalah diri sendiri. Jika rasa malas berkelanjutan diiringi dengan gejala mental yang lain, seperti kehilangan minat, kehilangan nafsu makan, dan lain-lain, maka kalian bisa berkonsultasi dengan ahlinya. [mnd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar