Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Pusing Atur Biaya Nikah, Simak 4 Tips Ini Agar Makin Irit!

asad-photo-maldives, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Menikah dan hidup bahagia, menjadi tujuan hidup setiap pasangan. Namun biaya pernikahan, biaya sewa gedung, dan biaya yang lainnya, kadang membuat kedua mempelai pusing. Namun tak perlu khawatir Anda bisa menyiasati dengan cara berikut ini:

 

Menggunakan undangan digital

Seperti dilansir dari salah satu sumber, Kamis (30/9/2021) terkendala kondisi pandemi seperti sekarang ini tidak memungkinkan untuk menyebar undangan dari rumah ke rumah, alhasil Anda bisa menggunakan undangan digital. Cara ini juga dinilai lebih praktis dan murah, cukup dengan sekali buat Anda langsung bisa membagikan ke seluruh kerabat dan teman Anda. Namun perlu diperhatikan, khusus untuk beberapa orang yang Anda hormati, sebaiknya gunakan undangan kertas asli untuk menunjukkan rasa sopan santun.

Selektif dalam memilih tamu

Sama seperti menyebar undangan, daftar tamu juga perlu diperhatikan karena saat pandemi ini larangan berkerumun dalam jumlah yang besar masih dibatasi. Cara ini juga paling penting karena sebagian besar total pengeluaran Anda akan bergantung padanya.

Melansir dari laman 20 something finance, sebaiknya Anda selektif dalam memilih tamu dan pilihlah yang benar-benar penting dan harus hadir di pesta pernikahan Anda. Daftar tamu yang lebih kecil mengurangi biaya makanan dan minuman Anda dan ukuran ruang resepsi yang perlu Anda sewa, dan juga membatasi biaya dekorasi.

Rencanakan pernikahan sendiri

Merencanakan pernikahan sendiri juga merupakan cara menghemat biaya yang besar dan sangat bermanfaat. Cara ini juga memungkinkan untuk Anda mengetahui semua biaya vendor dan mendapatkan perbandingan. Anda juga dapat mengontrol anggaran 100% versus mengandalkan masukan dari orang lain. Setiap aspek pernikahan, diputuskan oleh Anda dan pasangan bersama-sama, hal ini lebih berarti bagi Anda berdua.

Mengurangi biaya souvenir

Jika Anda merencanakan untuk memberikan souvenir kepada tamu undangan, tidak perlu mahal yang penting berkesan. Inspirasi souvenir yang menarik dan unik namun murah bisa Anda cari di internet. Cara ini juga berguna sebagai ide kerabat atau rekan Anda yang ingin menikah juga. [rsf/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar