Gaya Hidup

Pulau Lumpur Sidoarjo, Wisata Bahari yang Sangat Menggoda

Sidoarjo (beritajatim.com) – Pemkab Sidoarjo akan mengembangkan kembali wisata bahari pulau Lumpur Sidoarjo (Lusi) dan Pulau Sarinah yang berada di ujung timur selatan Sidoarjo yang berbatasan dengan wilayah Pasuruan.

Untuk melihat potensi tersebut, Pj. Bupati Sidoarjo Hudiyono bersama anggota Komisi III DPR RI Rahmat Muhajirin dan DPRD Sidoarjo, meninjau pulau yang terbuat dari endapan luapan lumpur Porong itu, Minggu (1/11/2020).

Rombongan naik perahu dari dermaga Dusun Tlocor Desa Kedungpandan Kecamatan Jabon menuju Pulau Lusi dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Pj. Bupati Sidoarjo Hudiyono mengatakan, pulau yang dikelola oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan ini sangat strategis untuk pertumbuhan perekonomian khususnya warga sekitar.

Perlu upaya peningkatan kualitas dan kuantitasnya. Kualitas artinya apa kalau masyarakat banyak yang datang ke sini, memang. Maka perekonomian di sini akan tumbuh.

“Peningkatan kualitas pelayanan bagi para wisatawan yang datang, sehingga bisa menarik lebih banyak wisatawan ke tempat ini. Dampaknya tentu saja perekonomian warga sekitar juga meningkat,” katanya.

Cak Hud sebut karibnya, menambahkan, dalam waktu dekat, akan ada pertemuan pemerintah kabupaten, provinsi, pusat dan tentu saja desa sebagai pengelola.

“Hari ini kita sudah melihat secara langsung wisata bahari ini sekaligus untuk melihat secara lagsung kendala yang dihadapi untuk pengembangan ke depan. Kondisi yang ada, akan kami laporkan dalam pertemuan tersebut,” terangnya.

Cak Hud salut atas semangat kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang mengelola wisata ini. Di tengah pandemi, warga patuh menerapkan anjuran pemetintah, yakni mematuhi protokol kesehatan.

“Semua perahu telah dilengkapi dengan pelampung. Sarana cuci tangan juga telah ada. Para wisatawan juga telah sadar memakai masker di masa pandemi seperti saat ini,” tukasnya.

Sementara itu anggota DPR RI dari Komisi III Rahmat Muhajirin mengatakan, sebagai anggota DPR RI daerah pemilihan Sidoarjo dan Surabaya, dirinya mempunyai kewajiban dan berusaha memulihkan ekonomi masyarakat.

“Dalam rangka pemulihan ekonomi nasional karena dampak pandemi, tentu saja juga memikirkan ekononomi daerah. Wisata bahari ini salah satu potensi yang bisa membangkitkan ekonomi di daerah dan dirinya sangat mendukungnya,” tandasnya.

Rahmat menerangkan, sejatinya Pulai Lusi telah dikembangkan sejak lama namun terhenti di tahun 2015. “Hari ini kami melihat langsung dan mendorong pemerintah daerah untuk disampaikan ke kementerian terkait dalam pengemembangan lanjutan serta upaya pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah Sidoarjo,” terang politisi Gerindra ini.

Di Pulau Lusi juga terdapat ssebuah homestay dengan memiliki 16 kamar. Di pulau tersebut juga banyak terdapat banyak stand aneka menu makanan.

Disela-sela kunjungan ke Pulai Lusi, Pj. Bupati Sidoarjo Hudiyono bersama, anggota DPR RI Rahmat Muhajirin, anggota Komisi D DPRD Sidoarjo Zahlul Yussar dan Mimik Indayana menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga. [isa/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar