Gaya Hidup

Polusi Udara: Cara Mengurangi Pengaruh Buruk Terhadap Kesehatan

(Foto: Chris Leboutillier, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Makan banyak buah dan sayur. Olahraga dengan teratur. Jangan merokok. Kontrol tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol. Pesan-pesan tersebut adalah nasihat lama yang sudah sering terdengar untuk menjaga hidup sehat. Akan tetapi, kapan terakhir kali anda mendengar pesan dokter untuk menghindari polusi?

Polusi memberikan dampak negatif bagi Kesehatan. Sehingga, menghindari polusi adalah rekomendasi yang harus diberikan para dokter untuk pasien mereka. Meski, hal tersebut mungkin sangat sulit dilakukan.

Deskripsi sederhana dari polusi sendiri dapat dikatakan sebagai berbagai hal yang dilepaskan ke lingkungan oleh manusia yang dapat mengganggu manusia dan ekosistem. Terdapat berbagai macam polusi, yaitu polusi udara, air, dan tanah. Polusi-polusi tersebut dapat berwujud gas, zat kimia, bakteri, dan bahkan suara. Fokus kali ini adalah polusi udara.

Polusi udara yang terjadi disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah penggunaan bahan bakar fossil dan kebakaran hutan yang menimbulkan berbagai macam gas berbahaya, asap kabut (diciptakan oleh lapisan ozon paling bawah), dan jelaga yang berbahaya jika terhirup. Selain yang disebutkan sebelumnya, perapian dan kompor masak yang menggunakan gas, batu bara, atau bahan bakar biomassa seperti kayu yang biasa digunakan di negara-negara berpendapatan rendah juga dapat menyebabkan polusi udara.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui apa efek buruk polusi udara pada kesehatan. Beberapa di antaranya menemukan bahwa polusi udara dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, pneumonia, dan berbagai penyakit kronis lainnya. Orang-orang berusia lanjut, hamil, memiliki penyakit jantung dan paru-paru bawaan, hingga anak muda, rentan terkena dampak buruk yang disebabkan oleh polusi udara ini. Selain itu, orang-orang yang hidup di lingkungan berpenghasilan rendah yang biasanya terletak di sekitar komplek industri dan lalu lintas padat juga sangat rentan untuk terkena dampak buruk dari polusi udara.

Berikut ini adalah beberapa hal yang membantu mengurangi risiko dampak buruk polusi udara:

  1. Menggunakan Air Quality Index (AQI) sebagai pedoman beraktivitas di luar ruangan.
  2. Lebih memikirkan pilihan transportasi yang digunakan, sebisa mungkin mengurangi polusi dengan menggunakan sepeda jika jarak tempuh dekat atau menggunakan kendaraan umum.
  3. Mengganti kompor gas yang kita gunakan menjadi kompor listrik atau kompor induksi.
  4. Menggunakan pembersih udara atau air purifier.
  5. Menggunakan lebih banyak clean & sustainable energy. [dwp/tur]

Apa Reaksi Anda?

Komentar