Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Plaza Kuliner Sarangan Magetan Belum Difungsikan Pada Lebaran Tahun Ini

Lokasi kawasan Plaza Kuliner di dekat kawasan Wisata Telaga Sarangan, Kelurahan Sarangan, Plaosan, Magetan, Jawa Timur. (Foto: Fatihah Ibnu Fiqri)

Magetan (beritajatim.com) – Bangunan Plaza Kuliner di lahan parkir baru Kawasan Wisata telaga Sarangan masih belum bisa difungsikan jelang lebaran tahun ini. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan baru akan mengajukan appraisal pada kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang (KPKNL).

Kabid Pengelolaan Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan Eka Radityo mengungkapkan pihaknya perlu mengajukan lokasi jualan untuk pedagang tersebut rencananya bakal disewakan. Namun, perlu ada appraisal terlebih dulu untuk menentukan harga sewa berikut dilelang bagi pedagang yang ingin memanfaatkan plaza kuliner untuk jualan.

”Prosesnya membutuhkan waktu. Sehingga, untuk lebaran ini belum bisa difungsikan terlebih dulu. Kami baru akan mengajukan appraisal,” kata Eka, Senin (11/4/2022)

Dia menyebut secara proses tahapan, bangunan tersebut sudah selesai. Kontraknya sudah selesai, berikut sebenarnya sudah siap difungsikan, namun untuk pemanfaatannya masih perlu menunggu appraisal. Sementara untuk bangunan lahan.parkir, musala, dan lampu taman sudah bisa digunakan.

”Lahan parkir bisa digunakan untuk libur lebaran kali ini. Begitu juga musala. Lampu taman juga menunjang penerangan saat malam hari. Tapi untuk jajanan belum ada karena masih perlu waktu untuk pemanfaatannya,” kata Eka.

Selain itu, di kawasan tersebut juga terdapat kios cinderamata. Namun, untuk tahun ini masih belum bisa digunakan karena bangunan masih belum jadi 100 persen. Rencananya akan diselesaikan di tahun 2023.

Untuk diketahui, lahan parkir baru di kawasan wisata Telaga Sarangan tepatnya di dekat loket utama tersebut ada lima proyek. Yakni pembangunan lahan parkir senilai Rp1,4 miliar, pembangunan kios cinderamata sebanyak 10 unit senilai Rp 324 juta, pembangunan gazebo 10 unit senilai Rp 255 juta, pembangunan tempat ibadah dengan nilai kontrak Rp 458 juta, dan pembangunan plaza kuliner senilai Rp 577 juta.

Keempat proyek lainnya yang digarap oleh masing-masing pemborong yakni CV. Wilis Jaya Utama asal Sidoarjo Jawa Timur, PT Bangkit Karya Perkasa asal Sukoharjo Jawa Tengah, CV Indo Karya asal Magetan, PT Redjo Taruna asal Sragen Jawa Tengah, dan PT Maritza Multi Mandiri.

Semuanya, selesai pada Desember 2021 namun untuk bangunan plaza kuliner sempat kolor dan selesai pada Januari 2022. (fiq/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar