Gaya Hidup

Perupa Jawa Timur Pameran Lukisan di Sunrise Mall Mojokerto

Sejumlah lukisan yang akan dipamerkan di Sunrise Mall Kota Mojokerto.

Mojokerto (Beritajatim.com) – Bursa dan Pameran Lukisan digelar di Sunrise Mall Kota Mojokerto dibuka, Jumat (26/3/2021) hingga 10 hari kedepan. Ada 26 perupa yang terlibat dalam Bursa dan Pameran Lukisan bertajuk Swarna Warni Sunrise 2021 memamerkan hasil karyanya.

Sebanyak 26 perupa yang terlibat tersebut dari tujuh kota di Jawa Timur, yakni Banyuwangi, Surabaya, Jombang, Malang, Sidoarjo, Jombang, Jember dan Mojokerto. Bursa dan Pameran menjadi media promosi Mojokerto melalui seni rupa diharapkan mendapat respon positif publik.

“Termasuk komunitas pelaku usaha dan pemangku kebijakan Pemkot Mojokerto. Ada sebanyak 24 lukisan dengan berbagai hasil, seperti kaligrafi, landscape, sketsa, seni dan abstrak bisa dinikmati pengunjung mall,” ungkap Ketua Panitia Swarna Warni Sunrise 2021, Prayogi Waluyo.

Bursa dan Pameran tersebut merupakam Bursa dan Pameran lukisan pertama di Mojokerto yang digelar di pusat perbelanjaan. Dipilihnya mall sebagai lokasi bursa dan pameran lukisan bukan tanpa alasan. Tujuannya tak lain karena ingin memberi edukasi kepada masyarakat.

Sejumlah lukisan yang akan dipamerkan di Sunrise Mall Kota Mojokerto.

“bahwa mall bukan hanya tempat belanja namun juga bisa menjadi tempat edukasi seni dan budaya. Edukasi ke masyarakat sangat penting. Ternyata mall bukan hanya tempat belanja namun bisa sebagai tempat edukasi seni dan budaya kepada keluarga dan ini merupakan event pertama sejak pandemi,” katanya.

Acara tersebut, lanjut Prayogi, merupakan bukti nyata adanya pandemi Covid-19 tak menghentikan perupa untuk terus berkarya. Prayogi menjelaskan yang menarik lagi dari acara kali ini dalam acara pembuka akan ada atraksi pelukis difabel melukis dengan kaki.

“Pandemi tak menjadi alasan untuk tidak berkarya. Ini terbukti banyak karya-karya terbaik perupa akan ditampilkan di acara kali ini. Selama event akan ada kejutan-kejutan seperti live art, melukis wajah, sket wajah dan kartun. Sehingga pengunjung bisa memanfaatkan hasil karya perupa sebagai koleksi atau souvenir,” jelasnya.

Selain itu, pengunjung juga bisa seolah-olah menjadi pelukis ternama dengan hanya membubuhkan tanda tangan di sebuah lukisan. Dalam pembukaannya, Wali Kota Mojokerto bersama Kapolresta Mojokerto Ketua DPRD dan pimpinan menajemen Sunrise mall dijadwalkan hadir. [tin/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar