Gaya Hidup

Perupa Bojonegoro Gelar Pameran Virtual Saat Pandemi Covid-19

Screenshot dari laman pameran seni rupa online yang digelar komunitas Line Art Bojonegoro.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Komunitas seni rupa di Kabupaten Bojonegoro, Line Art Bojonegoro (LAB) terus berkarya ditengah Pandemi Covid-19. Terbukti dalam kondisi wabah seperti saat ini mereka masih tetap menggelar pameran.

Ketua LAB, Rischa Novian mengatakan, meski ditengah mewabahnya Virus Corona, kreativitas harus terus diasah. Termasuk penyajian pameran yang dilakukan secara online, merupakan bentuk keluwesan sebuah seni dalam menyikapi kondisi.

“Ini merupakan bentuk pameran seni rupa online pertama di Bojonegoro oleh komunitas Line Art Bojonegoro (LAB),” ujarnya, Selasa (30/6/2020).

Dalam pameran kali ini mengusung tema ‘Napak Tilas Pandemi’. Ide tersebut, kata dia, muncul dari pembina sanggar LAB, yang akrab disapa Pak Pin. “Pameran tersebut menjadi ruang berekspresi untuk menyampaikan gagasan masing-masing,” terangnya.

Tema besar Napak Tilas Pandemi, juga memiliki maksud tertentu. Pandemi merupakan kondisi menyebarnya penyakit yang dirasakan secara global. Sedangkan Napak Tilas dimaksudkan sebagai keinginan dan doa agar pandemi ini segera berakhir.

“Melalui gambar, para perupa menyampaikan aspirasi, semangat untuk para tenaga medis juga masyarakat agar tetap kuat mengahadapi situasi saat ini,” terangnya.

Selain dari segi gagasan, pameran tersebut diharapkan juga menjadi media hiburan masyarakat Bojonegoro dan sekitarnya, melalui genggaman tangan (tanpa harus keluar rumah dan berkerumun, karena bersifat online).

Desain pameran seni rupa secara online itu, digarap oleh anggota LAB sendiri. Dan diikuti oleh para perupa dari lintas generasi. Mulai dari peserta kelas 5 Sekolah Dasar hingga perupa yang sudah paruh baya.

Sementara, Pak Pin mengatakan dalam kondisi yang serba terbatas diharapkan tidak menyurutkan niat untuk tetap berkarya. [lus/kun]

Link yang bisa dikunjungi jika ingin melihat pameran seni rupa dari Komunitas LAB. https://www.artsteps.com/embed/5ef47c34dec3602a5ea80325/560/315

Apa Reaksi Anda?

Komentar