Gaya Hidup

Pertunjukan Seni dan Budaya Gresik Wajib Penuhi Persyaratan

Gresik (beritajatim.com) – Pertunjukan seni dan budaya Gresik di tengah pandemi Covid-19 dipastikan boleh dilaksanakan. Namun, tetap wajib memenuhi persyaratan protokol kesehatan. Kepastian diperbolehkan pertunjukan seni dan budaya. Aliansi Pekerja Seni (APSG) Gresik telah melakukan pertemuan dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Gresik.

Kedua institusi tersebut berembug bareng untuk merumuskan standart operational procedure (SOP) sesuai hasil rapat jejak pendapat di DPRD Gresik pada Senin lalu (10/8). SOP tersebut dipandang perlu, mengingat Peraturan Bupati 22/2020 tentang Transisi New Normal rawan multi tafsir.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Gresik Agustin Halomoan Sinaga mengatakan, terkait dengan ini pihaknya akan segera menerbitkan SOP tersebut. “SOP ini nantinya untuk semua kegiatan hajatan disertai hiburan dan budaya di perbolehkan asal tetap mentaati protokol kesehatan,” katanya, Kamis (13/08/2020).

Sinaga menambahkan, saat ini masih banyak miss komunikasi yang terjadi untuk menegakkan aturan perbup tersebut. Baik oleh masyarakat, aparat desa hingga kecamatan. “Kami sudah berkoordinasi dengan pihak AKD (Asosiasi Kepala Desa) agar tidak salah paham, prinsipnya saling menjaga dan berpaku pada protokol kesehatan,” imbuhnya.

Sementar itu, Koordinator APSG Erno Setyo Utomo menuturkan, pihaknya berkomitmen penuh untuk mentaati hal tersebut. “Ini kabar baik, karena sudah lima bulan lebih rekan-rekan pekerja seni sepi job lalu anak istrinya mau makan apa,” ujarnya.

Sambil menunggu SOP tersebut lanjut Setyo, pihaknya siap menjalankan Perbup 22/202. Termasuk hasil-hasil audiensi di DPRD Gresik tempo hari, yang pasti komitmen tersebut murni dari para pekerja seni.

Disisi lain, data update Covid-19 per 13 Agustus 2020 di Kabupaten Gresik menunjukkan angka yang cenderung stabil. Ada tambahan 31 sembuh, 29 konfirm positif, 2 meninggal dunia. Sehingga, jika total sejak ada pandemi Covid-19 ada 2.178 kasus. Dari jumlah itu, pasien yang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan medis ada 1.505 orang. Konfirm isolasi mandiri dan dirawat 514 orang, dan rapid test PCR 159 orang. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar