Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Permintaan Songkok Nusantara Gresik Banjir Order

Gresik (beritajatim.com) – Selama Bulan Ramadan 1443 H permintaan songkok nusantara asal Gresik, banjir order. Songkok bermotif batik nusantara itu banyak digandrungi konsumen. Motif sangkok yang ditawarkan bermacam-macam.

Mulai dari motif batik dari Aceh, Tanah Toraja, Flores Nusa Tenggara Timur hingga Papua serta daerah lainnya.

Muhammad Jefry salah satu owner songkok nusantara menuturkan, ide songkok lukis batik nusantara diambil dari motif batik dari seluruh daerah di Indonesia. Pesanan songkok diperkirakan akan terus meningkat hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Biasanya 75 kodi kini permintaan naik menjadi 200 kodi. Permintaan paling banyak dari Jawa Timur, Kalimantan dan hingga ke Pulau Sumatera,” tuturnya, Rabu (13/04/2022).

Selain permintaan dari dalam negeri lanjut dia, songkok buatannya juga banyak diminati pembeli dari luar negeri diantaranya Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam.

Ia menceritakan melandainya kasus covid-19 serta longgarnya aturan pemerintah membuat ordernya terus meningkat. Hal tersebut disambut positif oleh pengrajin songkok.

“Order kami terus meningkat permintaannya ramai dibanding Bulan Ramadan tahun lalu,” ujarnya.

Jefry menambahkan, songkok batik nusantara diminati karena menggambarkan kekayaan budaya indonesia. Dari semua motif itu, motif Toraja, Aceh paling banyak diminati.

“Harga persongkok nusantara bervariasi dari mulai Rp 75 hingga Rp 100 ribu,” imbuhnya. (dny/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar