Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Peringati Tiong Chiu, Umat Klenteng Tuban Ritual Sembahyang

Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio (KSB) Tuban dalam merayakan Tiong Chiu, Selasa (21/9/2021) malam.

Tuban (beritajatim.com) – Menikmati Kue Bulan serta mimum teh bersama-sama di bawah sinar Bulan Purnama langsung menjadi salah satu tradisi umat Khonghucu yang ada di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio (KSB) Tuban dalam merayakan Tiong Chiu, Selasa (21/9/2021) malam.

Tak hanya makan Kue Bulan dan minum teh, dalan merayakan Tiong Chiu itu sejumlah umat juga melakukan ritual sembahyang di klenteng yang ada di jalan RE Martadinata, Kota Tuban. Dalam sembahyangnya mereka berdoa semoga perekonomian di Indonesia kembali bangkit dan pandemi Covid-19 supaya segera sirna.

Pantauan beritajatim.com, kegiatan Tiong Chiu atau perayaan musim gugur yang jatuh pada tanggal 15 bulan 8 tahun Imlek di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban itu berlangsung sederhana. Sejumlah umat melakukan serangkaian kegiatan dengan sembahyang sebelum mereka menikmati Kue Bulan dan minum teh di halaman klenteng tersebut.

“Ini adalah kegiatan Tiong Chiu peringatan pertengahan musim gugur. Karena pada tanggal 15 bulan delapan tahun China yaitu pada tanggal ini bulan purnama yang terbulat,” ungkap Alim Sugiantoro, selaku Ketua Penilik Demisioner TITD Kwan Sing Bio Tuban di sela-sela kegiatan itu.

Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio (KSB) Tuban dalam merayakan Tiong Chiu, Selasa (21/9/2021) malam.

Dalam kegiatan ritual tahunan itu, para umat Khonghucu di klenteng tersebut melakukan ritual sembahyang secara bersama-sama. Setelah itu mereka para peserta ritual tahunan di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban itu langsung bersantai makan Kue Bulan dan Minum Teh serta ada yang naik perahu hias yang ada di kolam taman klenteng itu.

“Pada momen Tiong Chiu ini umat merayakannya dengan sederhana, ngeteh dan makan kue bulan. Juga berdoa untuk bangsa dan negara,” sambungnya.

Sementara itu, dalam kesempatan ritual sembahyang peringatan Tiong Chiu itu para umat Khonghucu yang ada di TITD Kwan Sing Bio Tuban itu berdoa semoga Covid-19 segera hilang. Selain itu mereka berharap perekonomian di Indonesia segera bisa pulih dan pertanian juga bisa makmur.

“Doanya virus corona segera sirna, perekonomian bisa pulih dan Indonesia bisa kembali bangkit dari pandemi covid-19,” pungkasnya.[mut/ted]

Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio (KSB) Tuban dalam merayakan Tiong Chiu, Selasa (21/9/2021) malam.

Apa Reaksi Anda?

Komentar